Jangan Tunda Gelar Juara!

  • Bagikan
Para pemain PSM Makassar merayakan gol.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PSM Makassar membutuhkan satu kemenangan untuk merayakan gelar juara Liga 1 musim 2022/2023. Pasukan Ramang mau tak mau wajib menang pada pekan ke-32 saat bertandang ke markas Madura United di Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat (31/3/2023), pukul 21.30 wita.

Duel Madura United vs PSM Makassar diprediksi akan berjalan alot. Kedua tim tersebut sama-sama memiliki kualitas pemain pemain luar biasa serta akan menyiarkan laga yang sangat seru. Namun, Madura United sedikit diuntungkan setelah akan bermain di markas sendiri.

Sementara PSM Makassar hanya membutuhkan tiga poin untuk memastikan meraih gelar juara Liga 1. Selain itu, kemenangan sebelumnya pun akan menjadi modal penting bagi PSM.

"Kami memiliki rekor tidak bagus saat berhadapan dengan Madura United. Tapi kami akan mempersiapkan diri dengan baik," kata pelatih PSM Bernardo Tavares, Kamis (30/3/2023).

Mantan pelatih Akademi SL Benfica mengatakan, anak asuhnya bakal kesulitan saat berhadapan dengan tuan rumah Madura United. "Ini sangat sulit bagi kami, tetapi kami akan berusaha agar bisa memberikan yang terbaik," ujar Bernardo.

Sekadar diketahui, saat ini PSM masih memiliki waktu untuk mempersiapkan diri jelang melawan Madura United.

"Kami akan bekerja keras dalam laga ini. Kami tahu Madura United merupakan tim yang bagus," imbuh Bernardo.

Hingga saat ini, pasukan Ramang berada di puncak klasemen sementara Liga tertinggi tanah air dengan mengoleksi 69 poin. Tambahan dua poin untuk mengunci juara Liga 1 bagi PSM Makassar lantaran pesaing terdekatnya Persib Bandung baru mengoleksi 59 poin. Skuad Persib Bandung masih menyisakan 4 pertandingan sisa.

Jika dikalkulasi andai Persib Bandung meraih 4 kemenangan di sisa laga mereka maka poin akhirnya 71. Jumlah poin yang sama yang dimiliki PSM Makassar tapi Persib Bandung kalah head to head.

Sementara di posisi 3 ada Persija Jakarta dengan 54 poin dan menyisakan 5 pertandingan sisa. Poin akhir Persija jika menyapu bersih sisa laga dengan kemenangan yakni 69 poin. Dari sini terlihat PSM Makassar membutuhkan 2 poin tambahan saja.

Kemenangan atas Madura United sudah cukup bagi PSM Makassar menjadi jawara Liga 1 musim ini. Soal peluang kemenangan di markas Madura United bagi PSM Makassar memang tidaklah mudah. Namun semuanya bisa saja terjadi, apalagi PSM Makassar mendapat 2 keuntungan.

Keuntungan pertama, laga Madura United vs PSM Makassar dipastikan tanpa penonton. Dilansir dari laman resmi Madura United, tim berjuluk Sape Kerab akan menjalani tiga pertandingan kandang tanpa penonton.

Pada laga terakhir itu, Madura United akan menjamu PSS Sleman, Sabtu (11/3/2023), PSM Makassar Jumat (31/3/2023), dan Arema FC, Rabu (5/4/2023).

Kepastian itu disampaikan Security Officer (SO) Panitia Pelaksana (Panpel) Sapto Wahyono. Dia menjelaskan, banyak pertimbangan untuk memutuskan, ketiga pertandingan tersebut harus digelar tertutup. Salah satu menjelang dan pada bulan Ramadan.

“Keputusan tersebut melalui pertimbangan yang panjang. Salah satunya menjelang Ramadan dan juga ada dua pertandingan saat bulan puasa,” kata Sapto.

Pria yang juga Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Pamekasan ini mengatakan, telah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim).

“Sudah dikoordinasikan ke Polda Jatim,” tambahnya.

Keuntungan kedua, PSM Makassar bakal tampil full tim. Tak ada 1 pun pemain yang kerap dimainkan PSM Makassar sebagai starter ataupun cadangan bakal absen. Yuran Fernandes yang pada pekan sebelumnya absen akibat kartu merah dipastikan kembali bisa membela PSM Makassar lawan Madura United.

Berdasarkan rapat Komdis PSSI, tak ada sanksi tambahan absen bertanding bagi Yuran Fernandes. Bek andalan PSM Makassar ini hanya mendapat denda Rp15 juta atas kartu merah yang didapat pada pekan 30 kontra Persita Tangerang.

Sementara itu punggawa PSM Makassar yang saat ini bergabung dengan Timnas Indonesia dipastikan siap bermain melawan Madura United. Tiga pemain PSM Makassar yang gabung Timnas Indonesia senior, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, dan Ramadhan Sananta bakal bergabung setelah menjalani laga kedua Timnas Indonesia vs Burundi yang berlangsung, Selasa (28/3/2023).

Ini artinya, ketiga pemain tersebut memiliki waktu 2 hari untuk gabung masa persiapan bersama PSM Makassar.
Lalu dua dari tiga pemain Timnas U-20 dari PSM Makassar, Dzaky Asraf dan Victor Dethan juga dipastikan bakal bermain di laga Madura United vs PSM Makassar.

Dzaky Asraf, Victor Dethan bersama Sulthan Zaky sebelumnya dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan Piala Dunia U-20.

Manajemen PSM Makassar meminta kebijaksanaan untuk menggunakan tenaga dua dari tiga pemainnya tersebut. Mereka melayangkan surat ke PSSI. Hal ini disampaikan langsung oleh Manager PSM Makassar, Muh Nur Fajrin pada Selasa lalu.

"Kami sudah bersurat ke PSSI agar diberi kebijaksanaan Dzaky Asraf dan Victor Dethan bisa gabung di game lawan Madura United," katanya.

Fajrin menuturkan, Victor Dethan pun sudah kembali ke PSM Makassar. Pemain keturunan Kanada-Indonesia sudah gabung latihan dengan tim. Sedangkan Dzaky Asraf bakal bergabung bersama tiga penggawa PSM Makassar lainnya usai FIFA Matchday.

"Victor sudah pulang dan gabung latihan. Untuk Dzaky menunggu FIFA Matchday selesai di Timnas senior," ucap alumni Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin ini.

Kehadiran Dzaky Asraf dan Victor Dethan lawan Madura United membuat Tavares punya banyak opsi di lini serang.

Sementara itu, sejak Liga 1 musim 2017 hingga 2019, PSM Makassar tidak pernah meraih poin di markas Laskar Sape Kerrab. Di musim 2017, ketika Madura United masih berkandang di Stadion Bangkalan, PSM Makassar ditaklukkan dengan skor 1-0.

Kemudian PSM Makassar kalah tiga gol tanpa balas di stadion yang sama di musim 2018. Di musim 2019, Laskar Pinisi belum mampu menang di kandang Madura United. Di musim tersebut, PSM Makassar kalah 2-0 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan.

Pelatih Bernardo Tavares menyebut statistik tersebut tidak terlalu bagus untuk tim besutannya. Makanya, dia meminta seluruh pemain berjuang sekuat tenaga untuk mengubah statistik tersebut.

"Kami tahu statistik tidak terlalu bagus. Pertandingan lawan Madura United nanti akan berjuang memberikan yang terbaik untuk mengubah statistik tersebut," ujar dia.

Tak hanya menghentikan tren tidak pernah menang di kandang Madura United, laga ini sangat krusial bagi PSM Makassar. Sebab mereka bisa mengunci gelar juara jika menang atas klub kebanggaan masyarakat Madura United tersebut.

Dengan skuad yang lengkap itu, tak ada alasan bagi PSM untuk menunda gelar juara, malam nanti. Publik sepak bola di Sulawesi Selatan, begitu berharap Pasukan Ramang kembali ke Makassar dengan titel kampiun Liga Indonesia. (rahman)

  • Bagikan