Kapolda Sulsel Sertijab di Jakarta Hari Ini, Berikut Kasus Besar Ditangani Nana Sudjana Selama Bertugas di Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Serah terima jabatan atau Sertijab Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan dari Irjen Nana Sudjana kepada Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso dijadwalkan hari ini, Jumat (31/3/2023).

Proses Sertijab rencananya dilaksanakan di Jakarta, di Markas Besar Polisi Negara Republik Indonesia (Mabes Polri).

"Kapolda infonya hari Jumat di Mabes," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana saat dikonfirmasi terkait jadwal Sertijab Kapolda Sulsel, Kamis (30/3/2023).

Sementara untuk pejabat lainnya yang ikut dalam daftar mutasi sebagaimana yang tertera dalam surat telegram Kapolri tertanggal 27 Maret 2023 kata Komang masih menunggu jadwal.

Adapun pejabat yang dimaksudkan yaitu, Kombes Budi Haryanto yang diangkat dalam jabatan barunya sebagai Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri. Sementara posisinya akan digantikan oleh Kombes Mokhmad Ngajib yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolrestabes Palembang.

Kemudian, Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda yang diangkat menjadi Kapolres Tana Toraja. Dia menggantikan AKBP Juara Silalahi yang dimutasi jadi Kasubbagbatas Intelkam Polri.

Termasuk Kombes Yusuf Mawadi yang sebelumnya menjabat Kabiddokkes Polda Sulsel kini diangkat sebagai Wakarumkit Bhayangkara TK I Pusdokkes Polri. Posisinya digantikan oleh Kombes Muhammad Masudi yang sebelumnya menjabat Karumkit Bhayangkara Makassar.

Sementara, Kerumkit Bhayangkara Makassar bakal diisi oleh Kombespol Bambang Triambodo. Begitu juga, Karo SDM Polda Sulsel, pejabat lama yakni Kombes Pol I Ketut Yudha Karyana bakal diganti oleh Kombes Pol Denny Yono Putro. "Untuk para PJU dan Kapolres masih menunggu," sebutnya.

Lalu apa saja kasus yang diungkap dan ditangani Irjen Nana Sudjana selama bertugas di Polda Sulsel?

Dirangkum Rakyat Sulsel, kasus-kasus besar yang ditangani jenderal bintang dua itu diantaranya:

  1. Pengungkapan kasus 75 Kg narkotika jenis sabu pada Oktober 2022. Termasuk temuan 21 kg sabu pada Februari 2022.
  2. Pengungkapan kasus korupsi bantuan sosial Covid-19 atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Sulsel. Setelah menetapkan 14 tersangka, Polda Sulsel mendapatkan penghargaan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini.
  3. Penghentian kasus dugaan pemerkosaan tiga anak oleh ayah kandung di Luwu Timur. Kasus ini sempat menjabat sorotan se-Indonesia karena #Percumalaporpolisi jadi trending topic di media sosial Twitter.
  4. Penemuan dan pengungkapan ladang ganja seluas 1 hektare di Kabupaten Bone pada bulan Februari 2023. (Isak/B)
  • Bagikan