Gandeng Food Cycle Indonesia, Hero Supermarke Kampanyekan Hero Ramadan Berbagi

  • Bagikan
Hero Ramadan Berbagi di Mal Ratu Indah

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hero Group melalui unit bisnisnya Hero Supermarket bekerjasama dengan Food Cycle Indonesia memperluas dropbox donasi makanan.

Dropbox donasi makanan ini diperluas menjadi tiga titik yang tersebar di gerai Hero Supermarket yang ada di Kota Makassar.

Program donasi ini merupakan bagian dari kampanye Hero Ramadan Berbagi yaitu berbagai kegiatan interaktif di beberapa gerai Hero Supermarket yang melibatkan masyarakat sekitar yang membutuhkan khususnya anak-anak dan lansia.

Dengan tujuan, agar masyarakat dapat mendonasikan makanan yang berpotensi food waste agar dapat disalurkan secepatnya kepada masyarakat yang membutuhkan untuk sahur dan buka puasa.

Diketahui, produksi sampah makanan Indonesia merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara dengan 20,93 juta ton sampah makanan setiap tahunnya.

Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Diky Risbianto mengatakan program donasi ini merupakan upaya dalam pengurangan sampah makanan yang telah dilaksanakan sejak tahun lalu bersama FoodCycle Indonesia.

Melalui kampanye Hero Berbagi Ramadan, kata Diky, pihaknya ingin kembali menggaungkan ajakan untuk mengurangi sampah makanan dan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Dalam kampanye ini, Hero Supermarket juga melakukan berbagai kegiatan interaktif dan inspiratif dengan para penerima manfaat dari donasi makanan tersebut," ujar Diky saat menghadiri kegiatan kampanye Hero Berbagi Ramadan di Gerai Hero Supermarket Mall Ratu Indah, Jumat (31/3).

Sehingga, Diky mengajak masyarakat untuk mendonasikan bahan makanan yang belum dibuka, tidak kedaluwarsa, makanan kering dan kemasan dengan sisa waktu kedaluwarsa minimal 4 minggu ke dropbox donasi makanan yang kini tersedia di 13 gerai Hero Supermarket.

Di mana, gerai tersebut tersebar di Jabodetabek, Bandung, Sidoarjo, Surabaya, dan Makassar.

Adapun dropbox donasi makanan telah ada di 6 gerai Hero Supermarket se-Jabodetabek yaitu Hero Lebak Bulus, Hero Taman Anggrek, Hero Puri Indah, Hero Kemang Villa, Hero Kota Wisata, Hero Kamala Lagoon Bekasi, dan saat ini bertambah 7 titik lagi di Hero Paskal Bandung, Hero Tunjungan Surabaya, Hero Sidoarjo, Hero Emerald Bintaro, serta Hero Ratu Indah, Hero Alauddin, dan Hero Tamalanrea yang ada di Makassar.

Pada kesempatan yang sama, General Manager FoodCycle Indonesia, Cogito Ergo Sumadi mengatakan pihaknya menyambut baik inisiatif Hero Supermarket yang ingin memperluas titik dropbox donasi makanan agar bisa menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan.

Apalagi, penambahan titik ini mulai menjangkau luar pulau Jawa yaitu dengan 3 titik sekaligus di gerai Hero Supermarket yang ada di Makassar.

"Kami berharap ke depannya dropbox donasi makanan ini perlahan bisa menjangkau ke seluruh Indonesia," ucap Cogito Ergo.

Store Manager Hero Supermarket Ratu Indah Makassar, Surianna Djalil mengaku sebagai salah satu tuan rumah diselenggarakannya kampanye “Hero Berbagi Ramadan” sangat antusias bisa berbagi dengan masyarakat sekitar.

Pada kampanye "Hero Berbagi Ramadan” ini mengundang anak-anak dari panti asuhan Anugerah untuk menghabiskan waktu bersama dengan kegiatan seru menjelang buka puasa.

Kegiatan yang dilakukan antara lain belanja bersama kebutuhan sehari-hari, kids career day, dan storytelling untuk anak-anak. Panti asuhan Anugerah juga menjadi salah satu penerima manfaat dropbox donasi makanan yang akan disalurkan oleh FoodCycle Indonesia.

Surianna menjelaskan kegiatan interaktif dalam kampanye “Hero Ramadan Berbagi” dilakukan secara bergantian selama bulan Ramadan di Hero Mall Fantasi Balikpapan, Hero Taman Alpha Jakarta, Hero Grand Kamala Lagoon Bekasi, Hero Ratu Indah Makassar, Hero Alauddin Makasar, serta Hero Tamalanrea Makassar dengan mengundang anak-anak dari panti asuhan serta lansia dari panti jompo sekitar.

“Semoga inisiatif ini bisa menjadi wadah masyarakat untuk saling berbagi di bulan Ramadan, serta dapat menginspirasi masyarakat untuk mulai peduli pada pengelolaan produk-produk yang dibeli dan sebagai bentuk kepedulian kepada sesama”, tutupnya. (Sasa/B)

  • Bagikan