Gubernur Sulsel Siapkan Program Mudik Gratis, Prioritaskan Mahasiswa

  • Bagikan
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan kembali menyediakan fasilitas mudik gratis labaran tahun ini.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, tahun ini masih akan direncanakan untuk melakukan program mudik gratis.

Kata dia, pemberian mudik gratis itu diprioritaskan kepada para pelajar/ mahasiswa. "Kita subsidi kendaraannya. Kita prioritaskan mungkin pelajar/mahasiswa yang mau balik, kita siapkan armadanya seperti tahun lalu," kata Andi Sudirman Sulaiman, Selasa (4/4/2023).

Andi Sudirman mengatakan, sebelum masa mudik tiba, pemprov akan memperhitungkan lebih dahulu berapa kebutuhan kendaraan bagi mahasiswa dan pelajar. Harapannya, ini bisa menjadi solusi mudik murah dan bisa mengurangi peluang kecelakaan lalu lintas.

”Yang paling penting sebenarnya, kami harus siapkan beberapa bus untuk mudik nanti. Supaya tidak banyak kendaraan di jalanan, terlebih banyak mahasiswa yang buru-buru pulang,” terangnya.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah mengungkapkan, jalur mudik gratis sudah ditentukan. Meskipun, belum dirapatkan dan disosialisasikan secara resmi. "Tahun-tahun lalu itu Palopo, Malili, Bulukumba, Selayar, Bone. Kayaknya (kemungkinan besar) itu," terang Arafah.

Khusus untuk pemprov sendiri hanya menyediakan mudik gratis bagi para pelajar dan mahasiswa. Mudik gratis sendiri direncanakan dimulai pada 17 hingga 19 April. "Mudik gratis andalan Sulsel estimasi 1.000 penumpang," pungkasnya. (abu/B)

  • Bagikan