UMI Peringati Nuzul Qur’an dan Launching Milad ke-69 serta Qris BSI

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar peringatan Nuzul Qur'an bertepatan hari ke-15 puasa bulan Ramadan.

Kegiatan ini berlangsung di Masjid Umar bin Khatab Kampus II UMI, Kamis (6/4/2023). Dihadiri oleh Rektor UMI Prof. Dr. Basri Modding bersama jajaran wakil Rektor, hadir Pembina Yayasan wakaf UMI Prof. Dr. Mansyur Ramli. Serta hadir juga Direktur PPs UMI juga pimpinan Fakuktas dan lembaga lingkup UMI.

Pada peringatan hikmah Nuzul Qur'an, dirangkaikan dengan beberapa agenda yakni. Launching kegiatan Milad ke&69 tahun UMI, dan launching Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) BSI Masjid Umar bin Khatab Kampus II UMI.

Pada kesempatan ini juga penyerahan bantuan beasiswa pendidikan BAZNAS Sulsel, penyerahan zakat fitrah BAZNAS RI kepada Majelis Taklim Ukhuwah UMI untuk diteruskan kepada mustahik, penyerahan hadiah lomba tadarrus Al-Qur'an ala Pesantren Unggulan Daru Mukhlisin UMI, buka puasa bersama dengan keluarga besar UMI.

Rektor UMI Prof. Dr. Basri Modding menyampaikan momentum peringatan Nuzul Qur'an menjadi momentum mendekatkan agar terus mendekatkan diri dengan Al-qur'an.

Menurutnya, membaca Al-qur'an dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Maka dari itu seseorang yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang berlipatganda dan kebaikan dari Allah SWT.

"Saya kira momentum ini kita terus menerapkan dalam kehidupan keseharian di UMI. Mendengarkan saja mendapat pahala, apalagi membacanya," demikian Pesan Guru besar FEB UMI itu.

Mantan Direktur PPS UMI itu menekankan pentingnya membaca Al-qur'an harus dimaknai dalam menjalankan kehidupan keseharian dan , Al-qur'an dapat menjadi pedoman dalam melakukan kebaikan.

"Al qur'an sebagai hudallinnas atau petunjuk bagi manusia. Maka kita di UMI akan mempedomani dan terapkan dalam kehidupan keseharian di UMI. Maka selamat dunia akherat," jelasnya.

Diketahui, hikma ceramah Nuzul Qur'an kali ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Dr. Suharni A. Fachrin, S.Pd, M.Kes.

Ia banyak membahas banyak hal. Intinya makna Nuzulul Qur'an di bulan Ramadhan sangatlah penting adanya bagi setiap umat muslim. Pasalnya nuzulul quran itu sendiri merupakan peristiwa diturunkannya kitab suci Al-qur'an untuk pertamakali kepada junjungan besar umat muslim, yakni Nabi Muhammad SAW. (Yad/A)

  • Bagikan