Jabat Kapolres 15 Bulan, Danny Pomanto Sebut Budhi Haryanto Berhasil Amankan Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menyebut Kombes Budhi Haryanto berhasil menciptakan suasana aman dan nyaman di Kota Makassar selama menjabat sebagai Kapolres. Termasuk menjalin hubungan dan kerjasamanya dengan forkopimda sangat baik selama ini.

"Kapolrestabes baik dengan semua kalangan, 24 jam bekerja. Beliau ini baru satu tahun tapi cerita atau history beliau terhadap Makassar lebih panjang dari masa jabatannya," tutur Danny Pomanto di Mapolrestabes Makassar, Minggu (9/4/2023) malam.

Danny menyampaikan, dengan waktu yang sangat singkat yakni 1 tahun 3 bulan atau selama 15 bulan, Budhi Haryanto mampu menunjukkan kualitasnya dalam mengabdi untuk masyarakat.

Bahkan selama menjabat pun kata Danny, polisi yang sebentar lagi berpangkat bintang satu itu tak mengenal waktu libur. "Tidak mengenal Sabtu, Minggu. Sehingga kami merasakan betul pengayoman beliau," ujar Danny Pomanto.

Diakui Danny Pomanto, ide Budhi dengan merangkul anak-anak muda terbukti menurunkan kriminal jalanan yang kerap meresahkan masyarakat.

"Kita punya masalah sosial, ide beliau bagaimana anak-anak ini dirangkul. Dan, kemudian Alhamdulillah anak-anak kita yang biasa di jalanan, dengan sentuhan beliau, anak-anak kita mau bahu membahu bekerjasama menjaga Kota Makassar hingga hari ini," ujarnya.

Bukti pengabdian Budhi terhadap masyarakat Makassar disebut nampak dalam malam perpisahan di Mapolrestabes Makassar. Tangis haru pecah ketika Budhi menghampiri memeluk satu persatu masyarakat yang hadir.

Menurut Danny Pomanto, orang Makassar jika diberikan rasa nyaman maka akan mengembalikan sesuatu yang lebih daripada itu.

"Tadi ada banyak harapan, berharap agar beliau kembali (Menjadi Kapolda Sulsel), tadi banyak suara dan kompak tadi, saya kira harapan agar beliau sukses bersama ibu di tugas yang baru. Walaupun sudah tidak di Makassar, tapi kami menganggap bapak tetap berada di dekat kami," sebutnya.

Dalam acara malam Kenal Pamit Kapolrestabes Makassar, ada ratusan supporter PSM Makassar turut hadir. Sambil menggendong, Budhi suporter juga menyanyikan beberapa yel-yel khusus untuk Budhi. "Selamat tinggal Jenderal, pulang jadi Kapolda," teriak suporter PSM Makassar.

Budhi sendiri telah dianggap sebagai bapak supporter PSM Makassar. Dalam kegiatan itu juga terlihat Panglima Laskar Ayam Jantan (LAJ) Uki Nugraha menyerahkan jersey PSM Makassar dengan tulisan nama Budhi di punggungnya. (isak/B)

  • Bagikan