Tingkatkan Kapasitas Publikasi Ilmiah, FISIP Unismuh Dorong Penguatan Peran Kluster Riset Dosen dan Mahasiswa

  • Bagikan
Peserta Kegiatan Workshop Penulisan Artikel Review “Explore Data with CiteSpace” yang berlangsung 10-11 April 2023 di TerasKita Hotel by Dafam Jl. AP Pettarani Kota Makassar Foto Bersama.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Upaya meningkatkan kapasitas publikasi dosen dan mahasiswa pada kluster riset di lingkup FISIP Unismuh terus dilakukan.

Seperti pada kegiatan Workshop Penulisan Artikel Review “Explore Data with CiteSpace” yang berlangsung 10-11 April 2023 di TerasKita Hotel by Dafam Jl. AP Pettarani Kota Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial Politik (LPPSP) FISIP Unismuh bekerjasama dengan Jusuf Kalla School of Government (JKSG) UMY.

Workshop Penulisan Artikel Review ini diikuti oleh peserta internal di Lingkup FISIP Unismuh, Fakultas Pertanian Unismuh serta Fakultas Teknik Unismuh. Selain peserta internal, kegiatan ini juga diikuti oleh peserta dari FISIP Unhas, Pascasarjana UNM, Politeknik STIA LAN Makassar, UM Sinjai dan UM Sidrap.

Dekan FISIP Unismuh Ihyani Malik dalam sambutan penutupan acara mengatakan komitmen yang kuat bagi kelompok keahlian atau kluster riset di FISIP Unismuh dalam meningkatkan publikasi ilmiah pada jurnal-jurnal bereputasi.

“Kami terus mendorong penguatan peran kelompok keahlian atau research cluster di bawah fakultas dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel ilmiah pada jurnal atau Book chapter yang bereputasi global," ungkap Ihyani Malik, Rabu (12/4).

"Penguasaan aplikasi pengolahan data sangat bermanfaat dalam produksi manuskrip jurnal. Bersyukur dosen dan peneliti dari FISIP Unismuh cukup aktif dan mewarnai kancah publikasi di tingkat nasional, regional dan global," tambahnya.

Ihyani juga menambahkan saat ini FISIP Unismuh bergiat menjalankan kolaborasi riset dan publikasi dengan perguruan tinggi di Kawasan Asia Tenggara.

Pada tahun 2023 ini, dosen dan mahasiswa FISIP Unismuh sedang melakukan kolaborasi riset dan publikasi dengan mitra peneliti dari Universiti Utara Malaysia, Chulalongkorn University Thailand serta Bukidnon State University Filipina. (*)

  • Bagikan