197 Personel Gabungan Disiapkan Amankan Lebaran di Gowa

  • Bagikan
Apel Pasukan Pengamanan Lebaran di Gowa

GOWA, RAKYATSULSEL - Sebanyak 197 personel gabungan dari Pemkab Gowa, Polres dan Kodim Gowa yang akan dilibatkan pada Pengamaan (PAM) Lebaran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.

Pengamanan akan dilaksanakan mulai 18 April hingga 1 Mei Tahun 2023. Personel gabungan tersebut diantaranya adalah 1 Pleton Kodim 1409 Gowa, 1 Pleton Sat Sabhara, 1 SST Sat Lantas, 1 Pleton Unit Reskrim, 1 Pleton Dishub, 1 Pleton Damkar, 1 Pleton Pol PP, 1 Pleton BPBD, 1 Pleton Dinas Kesehatan dan 1 Pleton Senkom.

Hal itu terlihat pada Apel Gelar Pasukan diawali dengan penyematan pita oleh Kapolres Gowa didampingi Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Malaganni di Halaman Balla Lompoa dan dihadiri Forkopimda Gowa, dengan mengambil tema Mudik Aman Berkesan.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Gowa AKBP Reonald T.S Simanjuntak mengatakan tahun ini pihaknya menambah dua pos dari tahun sebelumnya hanya tiga pos sehingga total pos yang kita siapkan berjumlah lima pos.

"Lima pos tersebut terdiri dari dua pos pengamanan, dua pos terpadu dan satu pos untuk rest area yang kita siapkan di beberapa titik di Kabupaten Gowa, terkhusus di jalur mudik dan tempat-tempat wisata seperti di Malino." katanya.

Kata AKBP Reonald, Operasi KETUPAT - 2023 harus dilaksanakan secara Optimal, perjalanan mudik maupun balik berjalan dengan lancar, aman dan sehat. Kejahatan dan gangguan Kamtibmas sekecil apapun harus dicegah dan antisipasi.

Oleh karena itu, dia berharap agar para pemudik yang ingin mudik ke kampung dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tolong laporkan di pos pengamanan dan kantor-kantor kepolisian.

"Jadi para pemudik yang meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong diharapkan untuk melapor ke pos-pos pengamanan terdekat agar kita laporkan dan kita amankan rumahnya sehingga pemudik dapat mudik dengan nyaman dan pulang rumah dalam kondisi aman tidak ada yang terbongkar atau kecurian," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni Kr Kio mengungkapkan harapan tercipta kolaborasi dan kekompakan antara TNI/Polri dan Pemerintah Daerah sehingga pelaksanaannya nanti dapat berjalan sesuai harapan bersama.

“Saya kira ini upaya yang baik dari Kepolisian, dibantu TNI dan Pemerintah untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman di tengah-tengah masyarakat. Insya Allah pemudik yang akan mudik di kampung halamannya bisa aman tentram hingga tiba ditempat tujuan dan kembali dengan selamat tanpa ada halangan apapun juga," ujarnya.

Adapun titik Pos pengaman idu Fitri 1444 H Tahun 2023 yakni Pos Pengamanan Jalan ST. Alauddin batas kota makassar dan Kabupaten Gowa, Pos Pengamanan Pasar Minasa Maupa Jalan Usman Salengkee, Kecamatan Somba Opu, Pos Pengamanan depan Pasar Bontorea Kecamatan Pallangga, Pos Pengamanan depan Hutan Pinus Kecamatan Tinggimoncong, Res Area di Kecamatan Bontonompo. (Abdul Kadir/A).

  • Bagikan