428 Personel Gabungan Diturunkan Kawal Konvoi Suporter PSM Makassar, Ini Rutenya!

  • Bagikan
Rekayasa Lalu Lintas Konvoi Suporter PSM di Makassar, Senin (17/4)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Polrestabes Makassar terjunkan 428 personel untuk mengawal konvoi suporter PSM Makassar yang rencananya digelar sore nanti, Senin (17/4) di Kota Makassar. Konvoi ini merupakan perayaan klub Juku Eja sebagai juara Liga 1 BRI.

"Untuk pelaksanaan pengamanan dan pengawalan suporter PSM merayakan kemenangannya, kita sudah siapkan personel 428," kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Mokhamad Ngajib.

Adapun ratusan personel itu merupakan gabungan dari TNI dan Polri. Mereka nantinya akan berjaga di sekitar Flyover sebagai titik kumpul atau di Jalan Urip Sumoharjo - Jalan AP Pettarani juga di sekitar kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar.

Ngajib menyebut, konvoi yang akan berlangsung nanti dipastikan aman sebab pihaknya tela berkoordinasi dengan kelompok-kelompok suporter PSM Makassar.

"Sebelum kegiatan kami sudah melakukan koordinasi, komunikasi dengan panitia terutama dengan kelompok suporter PSM. Nanti dilakukan kurang lebih dari pukul 16.00 Wita sampai pelaksanaan buka puasa," sebutnya.

Adapun rute yang akan dilalui saat konvoi nanti juga disebut telah ditentukan. Bahkan Satlantas Polrestabes Makassar telah menyiapkan rekayasa lalu lintas (Lalin) saat konvoi berlangsung.

Sejumlah jalan utama di Kota Makassar akan dialihkan untuk menghindari kemacetan. Masyarakat untuk sementara juga diminta agar mencari jalan alternatif guna menghindari terjebak kemacetan.

"Kami sudah berikan rute. Kita juga sudah sosialisasikan dengan masyarakat, nanti kemungkinan ada penutupan jalan, ada rekayasa lalulintas," ujar Ngajib.

"Pengalihan arus nanti ada tiga titik. Yang pertama tentunya di Flyover arah Pettarani, dan arah CPI," sambungnya.

Adapun informasi yang dihimpun, rute yang akan dilalui konvoi suporter dimulai dari Flyover Pettarani, Jalan Bawakaraeng, Jalan Sudirman, Jalan H Bau, dan finish di CPI.

Rizal pun meminta agar pengguna jalan lainnya memilih jalur lancar seperti, bagi yang dari arah Jalan Urip Sumoharjo bisa belok kiri ke arah TMP Jalan Abd. Dg Sirua.

Kemudian yang dari arah Jalan Sultan Alauddin bisa belok kiri ke arah Jalan Rappocini, Jalan Sungai Saddang atau Jalan Maccini.

Sementara bagi pengguna jalan dari arah Jalan Masjid Raya bisa ke arah timur naik ke Fly Over. Lalu yang dari arah tol, bisa Belok Kiri ke Jalan Urip Sumoharjo.

Dalam pelaksanaan konvoi ini, Kapolrestabes Makassar meminta para suporter tetap tertib dalam merayakan kemenangan klub kebanggaannya.

Dia pun berharap tidak ada insiden yang nantinya dapat merusak euforia suporter dalam merayakan PSM juara.

"Kalau ada tindakan berlebihan dari suporter, kita lakukan secara bertahap. Kita melakukan (tindakan) secara persuasif," kuncinya. (Isak Pasabuan/B)

  • Bagikan