Noea, Siswi SMAN 1 Gowa Raih Juara 2 Lomba Baca Surat Kartini, Mantap Jadi Diplomat

  • Bagikan

GOWA, RAKYATSULSEL - Maylavly Jacindaliya Rauf RH Noea, berhasil meraih juara II pada Lomba Baca Surat Kartini Berbahasa Inggris yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Gowa di Balai Sidang Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Senin (17/4).

Siswi Kelas X SMA Negeri 1 Gowa ini fasih dalam membacakan surat Kartini dihadapan dewan Juri dan berhasil menarik perhatian siswa lainnya berkat performance yang cukup baik. 

Ditemui usai penyerahan piala, Noea mengatakan berkat juara yang diraihnya tersebut, cita-citanya sebagai Diplomat semakin kuat. 

"Saya bersyukur sekali bisa meraih juara, ini buat saya benar-benar yakin saya harus bisa jadi seorang Diplomat," kata Noea. 

Mengikuti Lomba tersebut, Noea mengaku hanya membutuhkan waktu latihan selama seminggu, tentu dengan beragam pemahaman mulai intonasi hingga pronunciation.

"Persiapannya cuma seminggu, dan yang dipersiapkan ada beberapa hal seperti pronunciation, Intonasi, pendalaman teks, dan masih banyak lagi," ujarnya. 

Memahami makna dari surat Kartini yang berbahasa Inggris itu menjadi kunci Noea mampu membawakannya dengan baik. Katanya, dirinya bangga atas perjuangan Raden Ajeng Kartini untuk memberikan kesetaraan gender kepada warga Indonesia terutama pada kaum perempuan.

"Meskipun perjuangannya tidak seperti Raden Ajeng Kartini, tetapi dengan saya memberi banyak dampak positif kepada banyak orang disekitar kita juga merupakan sebuah nilai kebaikan," katanya. 

Sementara itu, Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Abd Rakhim Nanda mengatakan, pihaknya memberikan tiket bebas tes masuk untuk tiga pemenang. Masing masing juara 1 hingga juara 3 pada program studi pendidikan bahasa Inggris.

“Untuk teknisnya nanti akan dibuatkan surat kerjasamanya yang mengatur lebih detail terkait itu,” terangnya.

Kegiatan tersebut selain dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April 2023 mendatang, juga untuk memperkenalkan sosok pahlawan Kartini ke generasi saat ini, agar mereka dapat mempedomani perjuangan-perjuangan Kartini. (*)

  • Bagikan