Belum Homologasi, Sirkuit Sokol International Racetrack di Kazakhstan Batal Gelar MotoGP 2023

  • Bagikan

RAKYATSULSEL - Sirkuit Sokol International Racetrack dinyatakan batal menggelar MotoGP tahun ini. Pasalnya sirkuit yang terletak di Kazakhstan itu belum lolos homologasi.

FIM, IRTA, dan Dorna Sport memutuskan Sokol International Racetrack, Almaty, Kazakhstan batal menggelar MotoGP 2023.

Sebelum resmi dibatalkan menggelar MotoGP, sirkuit tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 7-9 Juli 2023.

Namun, tiga bulan jelang berlangsungnya balapan ternyata penyelenggaraan belum siap menggelar MotoGP.

"Pekerjaan homologasi yang sedang berlangsung di sirkuit, ditambah dengan tantangan operasional global saat ini, mengharuskan pembatalan acara 2023," tulis MotoGP di akun instagram resminya @motogp.

Dorna Sport masih memberikan kesempatan Sirkuit Sokol untuk menyelesaikan pembangunan untuk musim depan.

"MotoGP berharap dapat mengunjungi Internastonal Sokol Racetrack pada tahun 2024 untuk menyambut arena baru ke dalam kalender," lanjut pernyataan tersebut.

Jauh sebelum itu, Dorna Sport bersama Kazakhstan diketahui telah menjalin kesepakatan untuk menggelar selama lima tahun.

Meski balapan di sirkuit Sokol batal digelar. Namun jadwal balapan berkurang. Dorna Sport tidak berencana menambah sirkuit pengganti dalam kalender 2023.

Di luar pembangunan yang belum selesai. Sirkuit Sokol mengklaim sebagai sirkuit tercepat di dunia.

Team Sirkuit Sokol pernah menyebutkan insinyur data Dani Pedrosa lewat simulasi sudah mengkonfirmasi hal tersebut, kendati belum diungkap ke publik berapa top speed yang didapat.

Dengan batalnya balapan di sirkuit tersebut, maka MotoGP 2023 gagal menambahkan rekor baru sebagai musim terpanjang.Sebelumnya, 21 putaran jadi tertinggi sepanjang masa, menjadi 20 putaran. (Fajar)

  • Bagikan