Dua Tahun Dipimpin Budiman, Lutim Sukses Menginspirasi Daerah Lain

  • Bagikan
Bupati Luwu Timur, Budiman Hakim

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL - Bupati Luwu Timur, Budiman Hakim layak disebut pemimpin yang ideal berdasarkan teori kepemimpinan moderen. Hal tersebut lantaran selama dua tahun kepemimpinannya di Kabupaten Luwu Timur, ia mampu menyelesaikan berbagai masalah yang disertai dengan kreativitas inovasi dengan melibatkan orang - orang yang dipimpinnya.

Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya melanjutkan kembali berbagai proyek mangkrak puluhan tahun yang ada di Kabupaten Luwu Timur menjadi fasilitas publik yang bermanfaat dimasyarakat.
Seperti, melanjutkan Pembangunan Stadion Malili, Mengaktifkan Terminal Malili dan Tarenggek, membangun Islamic Center. Pasar-Pasar yang terbengkalai difungsikan.

Yang membuat ia berbeda dengan pemimpin-pemimpin sebelumnya adalah kemampuan membangun daerah tanpa menggunakan dana APBD. Yaitu melibatkan dunia usaha dalam membangun Ruang Terbuka Hijau yang menelan anggaran Puluhan Miliar.

Banyak yang menilai Budiman tampil sebagai sosok leadership yang mengkolaborasi gaya kepemimpinan Andi Hatta dan Almarhum Thoriq Husler bupati pendahulu. Kecepatan berpikir dan ketegasannya dalam bertindak membuat para kepala OPD mau tidak mau harus bisa mengimbangi gaya kepempinannya yang ia lakoninya.

Bagi Budiman, kunci sukses melaksanakan percepatan pembangunan sesuai Visi Misi Pemerintah Luwu Timur ada di Aparatur Sipil Negara. Olehnya itu langkah pertama yang dilakukannya adalah melakukan pembenahan di Internal Birokrasi ASN. Semua rotasi yang dilakukannya dengan menempatkan ASN yang berkualitas terbukti bisa menggerakkan sistem Pemerintahan yang kuat dan berkarakter.

Pembenahan yang dilakukannya juga membuat etos kerja ASN semakn tinggi ,disiplin dan semangat kebersamaan yang begitu kental. Budiman juga tidak tinggal diam jika ada aparatnya mendapat masalah dalam menjalankan tugas negara.

  • Bagikan