Kawal Peringatan Hari Buruh, Polrestabes Makassar Siagakan 2.150 Personel

  • Bagikan
Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhamad Ngajib saat diwawancara. Foto: Isak/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada hari ini, Senin (1/5/2023) diprediksi akan diperingati dengan aksi demontrasi ribuan buruh di Kota Makassar.

Untuk itu, Polrestabes Makassar turut menyiagakan 2.150 personel gabungan dalam mengawal jalanan peringatan hari besar buruh tersebut.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Mokhamad Ngajib mengatakan, ribuan personel gabungan itu terdiri dari Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP Makassar. Khusus polisi dari Samapta Polda Sulsel, Polrestabes Makassar dan Brimob.

"2.150 personel gabungan ini disiapkan untuk memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat," kata Ngajib saat diwawancara awak media, Minggu (30/4/2023) malam.

Tak hanya personel gabungan, sejumlah kendaraan taktis juga disebut akan disiagakan di titik-titik aksi, diantaranya Mobil Dalmas, Barracuda dan water cannon.

Dalam peringatan Hari Buruh kali ini, Ngajib mengatakan ada dua titik utama aksi di wilayah Kota Makassar. Pertama di depan kantor Gubernur Sulsel dan gedung DPRD Provinsi Sulsel Jalan Urip Sumoharjo, Makassar.

"Tapi selain dua titik utama itu, ada titik-titik rawan juga seperti Jalan Sultan Alauddin akan kami kawal. Insya Allah kita akan komunikasikan dengan pengunjuk rasa (agar aksinya digelar secara aman dan tidak menggangu masyarakat lainnya)," sebut Ngajib.

Hingga saat ini, pihak Polrestabes Makassar mencatat ada sekitar 11 kelompok atau organisasi buruh yang melapor akan melakukan aksi aksi demonstrasi dalam memperingati May Day.

  • Bagikan