IKA Alumni 98 Smandel Makassar Rayakan Reuni Perak dan Halal Bi Halal

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL-- Dalam rangka mempererat silaturahmi mempererat hubungan silaturahmi antar sesama alumni. Ikatan Alumni (IKA) 1998 SMA Negeri 8 (Smandel) Makassar menggelar Halal bi Halal yang dirangkaikan dengan Perayaan Reuni Perak atau perayaan ke 25 tahun angkatan.

Ketua IKA Smandel Makassar Angkatan 1998 Syahrul Juaksha Subuki mengatakan, perayaan Halal Bihalal ini sebagai momentum untuk merajut silaturahmi usai merayakan Hari Raya Idul Fitri. Apalagi momennya bersamaan dengan 25 tahun usia angkatan 1998 Smandel Makassar.

"Makanya kita kumpul bersilaturahmi, saling bertemu antar alumni yang ada dari berbagai daerah. Bahkan ada dari luar negeri juga seperti dari Qatar," katanya usai menghadiri kegiatan, di Lantai 6 Hotel Claro Makassar, kemarin.

Dengan mengangkat tema "Pererat Silaturahmi, Membangun Kebersamaan Serta Berkontribusi untuk Almamater", pertemuan tersebut juga dirangkaikan dengan pengukuhan dan pelantikan Ketua Umum dan Pengurus IKA 98 Smandel Makassar Periode 2023-2028.

"Lewat pertemuan ini kita juga mau menyatakan diri ke pengurus besar IKA Smandel Makassar bahwa kami (IKA 98) siap berkontribusi dan mendukung pengurus besar. Utamanya bagaimana ikut memajukan almamater kita tercinta," tegas Syahrul.

Ia mengaku, saat ini pihaknya telah berhasil merangkul sekitar 300 alumni atau 70 persen dari jumlah alumni angkatan 1998 secara keseluruhan. Mereka pun tergabung dalam satu komunitas di grup media sosial (Medsos) WhatsApp.

"Kedepannya akan kita bangun komunikasi, karena memang kesulitan alumni itu di pendataan alumni karena sudah terpecah-pecah di beberapa daerah. Mudah-mudahan bisa dan semua kita upayakan untuk berperan untuk memberikan kontribusi," ujarnya.

Untuk saat ini, program khusus yang akan digagas yakni melihat review sarana dan prasarana pendidikan di sekolah. Artinya jika memungkinkan pihaknya akan memberikan kontribusi untuk sekolah.

"Tentunya dari swadaya teman-teman angkatan kita akan bantu dari sisi itu dulu, nanti kedepannya analisis lagi kebutuhan lain selain kebutuhan sarana dan prasarana yang bisa membangun sumber daya manusia hasil didikan dari almamater kita ini," terangnya.

Sementara, Ketua Harian IKA Smandel Makassar Periode 2019-2024 Ikbal Thiro mengungkapkan, sebagai pengurus Ika Induk Smandel Makassar upaya yang dilakukan sejauh ini yaitu menjaring para alumni per angkatan melalui media sosial yang ada.

"Makanya di dua tahun terakhir ini kami sudah menjaring kurang lebih 75 persen dari setiap angkatan dengan jumlah total itu hampir 6000 orang alumni," ungkapnya.

Kedepannya, seluruh IKA per angkatan akan dilibatkan dalam IKA Induk, sehingga pada setiap kegiatan yang akan dilaksanakan para alumni dari tiap angkatan akan terlibat dalam struktur kepanitiaan.

"Ini akan mewakili semua angkatan, tidak mewakili satu angkatan tertentu saja. Makanya kita upayakan bagaimana semua angkatan bisa kita lantik kepengurusannya mereka," terangnya.

Ikbal Thiro yang merupakan alumni angkatan 1989 ini pun berharap, melalui silaturahmi Halal Bihalal ini adalah para alumni bisa saling mengenal kembali, dan saling bertemu.

"Selain itu diharapkan melahirkan program-program yang berguna bagi alumni itu sendiri, serta sekolah sebagai pihak cikal bakal lahirnya almamater mereka," harapnya. (*)

  • Bagikan