Ingin Permudah Layanan Paspor di Bantaeng dan Daerah Tetangga, Bupati Bantaeng Temui Kakanwil Kemenkumham Sulsel

  • Bagikan
Kunjungan Bupati Bantaeng, Ilham Azikin ke Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengunjungi Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan, Makassar, Senin (8/5). Bupati Bantaeng, didampingi Kepala DPMPTSP Bantaeng, Yohannis PHR Romuti bersama sejumlah pejabat Pemkab Bantaeng diterima langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak.

Kunjungan ini bertujuan guna memantapkan rencana pembentukan Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di wilayahnya. Liberti Sitinjak menyambut baik hal tersebut. Dia menyampaikan dukungan dari Kanwil Sulsel untuk pembentukan UKK di Bantaeng.

"Bantaeng sangat potensial sebagai penyangga kabupaten di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan paspor masyarakat agar mereka tidak lagi datang ke Makassar yang jaraknya sangat jauh," kata dia.

Untuk itu, Kakanwil mengharapkan komunikasi yang intens antara Pemkab Bantaeng dengan pihak Kanwil Sulsel atau jajaran Keimigrasian.

"Jika UKK sudah terbentuk, tidak menutup kemungkinan jika progres pelayanan dan permintaan paspor cukup besar maka akan diusulkan menjadi Kanim Kelas III Bantaeng," kata Liberti Sitinjak.

Selanjutnya, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel meminta pada jajaran Keimigrasian untuk dapat memberikan layanan paspor diluar jam kerja di Kabupaten Bantarng guna peningkatan layanan paspor di Wilayah Sulawesi Selatan.

Selain pembentukan layanan paspor, Liberti Sitinjak juga membahas terkait kolaborasi Kanwil Kemenkumham Sulsel dengan Pemda Bantaeng dalam pengharmonisasian Produk Hukum Daerah agar bisa berjalan dengan optimal.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menyampaikan, pihaknya telah siap memaksimalkan segala fasilitas dan potensi yang ada untuk mewujudkan terbentuknya pelayanan paspor di wilayahnya. Dia berkomitmen memberikan layanan yang mudah diakses oleh masyarakat Bantaeng dan daerah tetangga.

"Layanan keimigrasian sangat membantu meningkatkan aktivitas perekonomian Bantaeng dan menjadi penyangga layanan bagi masyarakat daerah sekitarnya," kata Bupati peraih penghargaan atas dukungan dan bantuan pelaksanaan fungsi dan tugas keimigrasian dari Kanwil Kemenkumham Sulsel itu.

Turut hadir dalam kunjungan ini, Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayuningsih, Kepala Divisi Pemasyarakatan Suprapto, Kepala Divisi Keimigrasian Jaya Saputra, Kepala Divisi Pelauyanan Hukum dan HAM Hernadi. (Jet)

  • Bagikan