Ratusan Pembalap Bakal Ramaikan Kejurprov Balap Mobil Drag Race di Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komunitas Otomotif Sonic Speed Indonesia bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan memastikan jika Kejuaraan provinsi balap mobil drag race akan dihadiri ratusan pembalap dari pulau Sulawesi dan Kalimantan yang akan berlangsung di Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin Kabupaten Maros, 27-28 Mei 2028.

Ketua Harian Sonic Speed Indonesia Wawan Wirawan mengatakan jika panita menargetkan 600 orang. Apalagi kejuaraan ini jadi ajang penyaluran hobi bagi pecinta balap. Kejuaraan yang memeriahkan ulang tahun ke-22 Sonic Speed Indonesia itu terbuka untuk umum.

"Ada beberapa tujuan, diantaranya mitigasi sosial, yakni kita mampu mengubah energi negatif seperti balap liar jadi tujuan berprestasi di kejuaraan resmi," kata Wawan pada konferensi pers di salah satu warkop di Kota Makassar, Selasa (9/5/2023).

Dirinya juga menyebutkan jika panitia menyiapkan hadiah Rp200 juta lebih untuk pemenang di 23 kategori yang dilombakan. Apalagi ajang Kejuaraan Provinsi II IMI Sulsel tahun 2023, Suryanation Sonic Speed The Drag Race menargetkan keterlibatan pembalap dari wilayah Sulawesi dan sekitarnya.

"Harapannya melalui event ini pembalap lokal bisa bersaing hingga ke tingkat nasional," jelasnya.

Ketua Komisi Teknik IMI Sulsel, Hasanuddin mengatakan drag race kali ini membuka 23 kelas balapan. Tiga diantaranya merupakan kelas utama kejurprov yang di akhir tahun pemenangnya mendapat titel juara provinsi.

Panitia juga menyediakan sejumlah kelas khusus, misalnya eksibisi wanita, eksebisi mobil kelas 1.000 cc, hingga eksebisi mobil listrik. "Kelas mobil listrik sebagai upaya mendukung pemerintah mempercepat transisi ke kendaraan ramah energi," bebernya.

Ketua Komisi Drag Race IMI Sulsel Iskandar melanjutkan jika kejuaraan Suryanation Sonic Speed The Drag Race 2023 akan dihelat pada sirkuit dengan lebar 12 dan panjang maksimal 500 meter. Kejuaraan ini jadi ajang penerapan standar keselamatan dan keamanan balap di lingkup IMI Sulsel.

"Di tahun 2023 kita akan menerapkan standar event yang berlaku sama untuk kejuaraan berikutnya," katanya.

Iskandar mengatakan, Kejurprov drag race IMI Sulsel seri pertama sudah digelar pada Desember 2022. "Rencananya tahun ini akan dituntaskan hingga kejuaraan seri kelima," tutupnya. (Fah/A)

  • Bagikan