Siapkan Diri, Pendaftaran Komisioner Bawaslu di 24 Daerah Segera Dibuka

  • Bagikan
Timsel Bawaslu

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pendaftaran Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028 akan segera dibuka dalam waktu dekat tepatnya pada akhir Mei 2023, terutama untuk 24 Kabupaten Kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Khusus Sulsel dibagi dalam empat zona Timsel Bawaslu. Setiap zona berisikan empat kabupaten dan terdiri lima anggota Timsel.

Sulsel I (Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Selayar, Sinjai, dan Takalar). Timselnya, M Nawir, Sufyanto, Muhammad Syahid, Mardia, Muhammad Ridha.

Sulsel II (Barru, Bone, Gowa, Maros, Pangkap, dan Makassar). Timselnya, Syamsul Alam, Cherly E. Tanamai, Muhammad Jufri, Asni dan Anshar Amirullah.

Sulsel III (Enrekang, Soppeng, Pinrang, Sidrap, Wajo, dan Parepare). Timselnya, Muhajir, Prof Arrijani, Lukman Irwan, Nurul Ulfah Muthalib dan Muhammad Alfa Sikar.

Sulsel IV (Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Palopo). Timselnya, Asdar Thosibo, Yan Malino, Azry Yusuf, Ratna Kahali, dan Himar.

Ketua Timsel Zona II meliputi 5 Kabupaten dan satu Kota yakni Makassar, Muh Jufri mengatakan ptoses pendaftaran akan dilakukan pekan depan. Untuk saat ini masih dilakukan sosialisasi.

"Kami di Sulsel zona 2 itu masing mengikuti timeline awal yang rencananya dalam 2 minggu kedepan, masih tahapan persiapan internal Timsel, serta pengumuman dan sosialisasi bakal calon Bawaslu kab/ kota," ujar Muh Jufri, Jumat (12/5).

Zona II ini meliputi, Kabupaten Barru, Kabupaten Bone, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, dan Kota Makassar akan dilaksanakan secara serentak.

"Hal ini kata dia, sesuai dengan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Bawaslu RI mengeluarkan surat keputusan Nomor: 325/KP.01.00/K1/04/2023 tentang Pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota Bawasiu Kabupaten/Kota Periode 2023-2028," jelasnya.

Untuk Kabupaten Barru, Kabupaten Bone, Kabupaten Gowa Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, dan Kota Makassar Tim Seleksi terdiri dari sebagai berkur.

Muhammad Jufri sebagai (Ketua), dan Anshar Aminullah sebagai (Sekretaris). Serta Syamsul Alam (Anggota), Cheriy E. Tanamal. MP (Anggota), Asni (Anggota).

Dia menyampaikan seluruh tim seleksi saat ini telah mengikut pembekalan seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028 bertempat di Manado yang dilaksanakan oleh Bawaslu Republik Indonesia.

"Bimtek itu tanggal 10-12 di Manado. Tahapan akan segera kami share setelah bimtek," tuturnya.

Sejauh ini, Bawaslu RI melalui tim seleksi membentuk Anggota Bawaslu Kabupaten Kabupaten Barru, Kabupaten Bone, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, dan Kota Makassar yang akan dilaksanakan melalui mekanisme terbuka dan transparan.

"Kami membuka ruang kesempatan yang sama bagi seluruh putra/purri terbaik dan memiliki integritas untuk menjadi anggota Bawaslu Kabupaten/Kota terutama untuk menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024," tuturnya.

Seluruh informasi lengkap terkait jadwal, syarat, dan ketentuan teknis pembentukan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota untuk Pemftu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 bisa diiihat dan dipantau langsung di website serta media sosial resmi Bawastu Provinsi Sulawesi Selatan dan Bawaslu Kabupaten. (*)

  • Bagikan