Mandiri Benih Bakal Jadi Program Nasional

  • Bagikan
Benih Padi Andalan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman cetuskan program Mandiri Benih. Itu, menjadi strategi Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk meningkatkan sektor pertanian, utamanya padi.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI berencana akan menjadikan Mandiri Benih sebagai program nasional.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, program mandiri benih ciptaannya ini telah disetujui oleh Bappenas untuk menjadi program nasional.

"Mudah-mudahan dengan begini (menjadi program nasional), kita tangkar di wilayah sendiri, ditanam di wilayah itu juga, tentu itu adaptif terhadap tanah itu," ucap Andi Sudirman Sulaiman, usai melaunching Mandiri Benih 2023 di CPI, Jumat 19 Mei 2023.

Setelah disetujui oleh Bappenas, kata dia, maka selanjutnya akan dibawa ke DPR RI untuk dibahas lebih lanjut.

"Karena kalau disetujui itu tergantung lagi pembahasan di DPR RI, mudah-mudahan ini bisa jadi rujukan. Karena terbukti tahun lalu semua provinsi lain datang ke sini (Sulsel)," paparnya.

Ia menjelaskan, Mandiri Benih merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi untuk memberikan bantuan benih gratis tapi kualitas unggul.

Selain itu lanjut Andi Sudirman, benih yang dibagikan ke masyarakat itu minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran dilakukan di Sulsel sendiri oleh Instalasi Kebun Benih milik Pemprov kerjasama dengan para petani penangkar.

Dengan target bantuan benih menyasar untuk 100 ribu hektar lahan pertanian, yang tersebar di Kabupaten/Kota di Sulsel.

"Keunggulan mandiri benih ini terletak pada penangkarannya. Ia ditangkar di masing-masing wilayah, sehingga bisa mengenali tanah masing-masing daerah. Dengan demikian, mandiri benih ini tentu saja adaptif," pungkasnya.

Sekedar informasi, Mandiri benih pernah mendapat penghargaan benih kedua terbaik secara nasional pada 2022 lalu. Unit Pelaksana Teknis Balai Benih Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sulawesi Selatan berhasil menjadi UPT Benih Terbaik kedua secara nasional tahun 2022.

Penghargaan tersebut dari Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan, Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian pertanian. Diserahkan pada Rapat Evaluasi TA 2022 dan Rencana Kegiatan Perbenihan TA 2023 di Bogor, Selasa, 6 Desember 2022 lalu.

Menjadi Program Prioritas saat Pandemi

Pemprov Sulsel telah menjadikan pertanian sebagai sektor prioritas dan andalan. Sebab, kontribusi sektor tersebut sangat besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sulawesi Selatan.

Di masa pandemi, pertanian juga terbukti paling tangguh dan tahan menghadapi gejolak. Bahkan, pertanian bertumbuh positif di tengah tumbangnya sektor lain.

Karena itu, dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan produktivitas, khususnya komoditas utama padi, pihaknya melaksanakan Program Prioritas Mandiri Benih. Anggaran program tersebut bersumber dari APBD. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan