3.697 Mahasiswa KKN Tematik Unhas Gelombang 110, Disebar pada 77 Lokasi di Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pihak tim pengelola Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kegiatan Penguatan Program dan Penyegaran Dosen Pangampu Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Hotel Gammara, Sabtu (20/5).

Kegiatan ini diikuti sekitar 111 dosen pendamping KKN yang berasal dari berbagai fakultas di Unhas. KKN Gelombang 110 ini akan berlangsung pada periode Juni – Agustus 2023.

Ketua Tim Pengelola KKN Unhas, Muhammad Kurni, S.Pi., M.Sc., PhD dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan KKN Gelombang 110 ini akan diikuti 3.697 mahasiswa yang akan disebar di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan yang telah ditetapkan menjadi lokasi sasaran program KKN kali ini.

Adapun bentuk program kerja yang akan dilaksanakan ada 3, yaitu: donor darah, program tematik 70%-80%, dan program tambahan 20%-30%.

“Program donor darah ini sifatnya wajib bagi seluruh mahasiswa KKN yang memenuhi syarat kesehatan, sementara program tambahan itu merupakan permintaan pemerintah setempat, baik itu desa, kecamatan, maupun kabupaten atau kota,” jelas Kurni.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut Ketua Tim Pengelola KKN, pelaksanaan KKN kali ini juga akan dibagi-bagi atas berbagai bentuk KKN tematik.

Saat ini ada 77 lokasi KKN tematik yang sudah ditetapkan lokasinya di Sulawesi Selatan dengan tema yang beragam. Mulai dari pendampingan desa wisata, UMKM, ketahanan pangan, smart village, mitigasi bencana, inovasi teknologi tepat guna, dan sebagainya.

Pihaknya mengharapkan agar pelaksanaan KKN kali ini bisa lebih optimal dan dapat mencapai target-target yang telah dicanangkan.

Acara yang dibuka oleh WR I Unhas ini yang diwakili oleh Kasubdit Pembelajaran Mandiri/MBKM Makkarennu, PhD juga menampilkan Ilham Jaya, M.Si yang memaparkan tentang filosofi KKN dan Dr. Iqbal Salim yang menjelaskan tentang penguatan-penguatan program kerja mahasiswa KKN berdasarkan tema-tema masing-masing yang dipilih. (Yad/A)

  • Bagikan