Gandeng BUMN, Mahasiswa dan Alumni FEB UMI Diberi Beasiswa dan Jaminan Kerja

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tekad Prof. Dr. Mursalim Laekkeng, ASEAN CPA, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia (FEB UMI) mewujudkan Excellence yakni Unggul, secara operasional bukan hanya memfasilitasi mahasiswa dengan Beasiswa, bahkan alumni FEB pun difasilitasi untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini bukan sebuah cerita, namun telah dibuktikan.

Pimpinan FEB UMI, kini menjalankan atau menindaklanjuti (action) apa yang telah disepakati oleh pihak Rektorat dengan pihak lain dalam bentuk MoU, termasuk kerjasama instansi dibawah naungan BUMN.

Pimpinan FEB telah berkoordinasi dengan Wakil Rektor V UMI Prof. Hatta Fattah yang membidangi kerjasama, untuk membuka ruang kerja bagi Alumni di Fakultas Ekonomi dan Bisnis agar mendapatkan pekerjaan.

Inilah dilakukan perusahaan PKSS Makassar berkolaborasi FEB UMI seleksi alumninya mendapat pekerjaan di sektor BUMN, seperti Perbankan untuk posisi sekretaris, teller dan posisi lainya sesuai kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki para Alumni FEB UMI. Test tertulis dan Wawancara di laksanakan di Aula Prof. Dr. H. Abdurrahman Basalamah di FEB UMI, Selasa (23/5/2023).

"Untuk memberikan peluang pekerjaan kepada alumni kita. Maka kolaborasi rekrutmen Pegawai BUMN oleh PKSS dan FEB UMI suatu hal yang sangat baik. Test tertulis dan wawancara di FEB UMI. Ini pertama kalinya di fakultas di kampus UMI, dan pertama kali di kampus untuk tahun 2023," jelas Prof. Chaling, panggilan akrabnya.

Menurutnya, kegiatan ini adalah hasil kerjasama dari pimpinan Universitas bersama instansi perusahaan yang bernaung di bawah BUMN. Pihaknya di fakultas menterjemahkan atau mengimplementasikan kesepakatan yang telah dibangun pimpinan Universitas dengan melakukan tindaklanjut secara operasional.

"Apa yang kami lakukan adalah bentuk tindak lanjut dari MoU yang sudah dilakukan di tingkat Universitas. Ini semata bagaimana alumni kita bisa terserap di dunia kerja, agar bisa lebih cepat sukses dan ini tuntutan borang akreditasi terkait dengan indikator percepatan alumni terserap di dunia kerja, terlebih lagi untuk mempertahan akreditasi Unggul prodi FEB saat ini," katanya.

Kegiatan dilakukan bersama PKSS Ini dengan program "Goes to Campus" kurang lebih 125 orang alumni FEB ikut seleksi rekrutmen pegawai di lingkup BUMN. Oleh karena itu, Pimpinan FEB UMI berterima kasih pada Pimpinan Yayasan Wakaf UMI dan Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding yang telah memberi ruang seluas-seluasnya kepada para alumni dengan kerjasama berbagai pihak, termasuk industri perbankan.

"Apresiasi yang tinggi kepada mitra PKSS yang telah memberi kesempatan kepada para alumni FEB berkiprah dunia kerja khususnya instansi-instansi naungan BUMN," ucapnya.

Ia berharap bahwa 125 alumni ini kurang lebih yang ikut rekrutmen atau seleksi tahap awal ini minimal terserap 50% sampai 60%, karena memang tekat kita di FEB UMI berusaha semaksimal mungkin (pelayanan prima) bukan hanya memfasilitasi mahasiswa untuk beasiswa, tapi pihaknya juga memfasilitasi alumni bagaimana cepat kerja, disamping tuntutan borang akreditasi sejauh mana alumni terserap di dunia kerja dan nilai tambah bagi fakultas dan menjadi amal jariah bagi kita. terangnya.

"Sejak diberi amanah di FEB UMI sebagai Dekan mengupayakan semaksimal mungkin bagaimana menfasilitasi mahasiswa dengan beasiswa. Terbukti tahun 2022 kita di FEB dengan usaha dan kerja tim berhasil menguruskan 400 an mahasiswa kita memperoleh beasiswa dari pemerintah dan hari ini kita juga mengurusi alumni, agar cepat berkerja. Insya Allah mereka tidak akan melupakan Almamaternya. terangnya.

Tak hanya itu, sebagai Dekan ia menyampaikan bahwa di tahap seleksi hingga wawancara ini benar-benar murni dilihat dari kemampuan dan kompotensi alumni.

"Kami tegaskan Tak ada titip menitip, kami kerja profesional, kami serahkan sepenuhnya kepada Tim PKSS. Bahkan jika ada keluarga FEB yang ikut, saya suruh belajar dan paham akan kemampuan diri serta percaya diri" tegasnya.

Sedangkan, Titin Komariah, Psikologi PKSS Makassar, mengatakan bahwa untuk tahun ini FEB UMI merupakan kampus pertama yang dilakukan kegiatan seperti ini.

"Ini kampus pertama kami jalin kegiatam ini. Tentu fokus di sumber daya manusia dan saat ini memang kami "Goes To Campus" salah satu kampus yang paling kita menjadi pilihannya adalah UMI dan untuk pertama kalinya kita laksanakan ini adalah di FEB ini," katanya.

"Jadi, kebutuhan kami salah satunya adalah teller dan sekretaris di beberapa cabang perbankan yang bukan hanya di Kota Makassar, ada di Sulbar kemudian ada di Kabupaten lainya," sambung dia.

Terkait dengan administrasi pajak boleh silakan nanti memilih, syaratnya itu adalah salah satunya adalah tinggi badan dengan berat badan. Ketika memang tidak memenuhi syarat di tinggi badan dan berat badan, maka dapat diakomodis di beberapa posisi yang lainnya.

"Kami memang harapannya "goes to campus. Saat ini kami kerja sama hampir seluruh pebankan. Harapannya itu bisa terserap di rekanan kami. Administrasi salah satu yang kita cari. Seleksi mulai hari ini administrasi dan wawancara. Kemudian nanti itu tahap psikotes kalau yang lulus," pungkasnya. (Yad/A)

  • Bagikan