Hasil Survei Litbang Kompas, Prabowo Paling Banyak Dipilih Gen Z

  • Bagikan
Prabowo Subianto

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Pengamat Politik dan Akademisi Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menyoroti hasil Survei Litbang Kompas terbaru yang menyatakan bahwa Calon Presiden Prabowo Subianto memiliki elektabilitas yang tertinggi di kalangan Gen Z atau warga berusia 17-26 tahun dibandingkan nama lainnya.

Ujang menjelaskan apa yang sekiranya menjadi alasan Prabowo paling banyak dipilih Gen Z, dengan raihan 32,7 %.

Ujang mengatakan, alasan pertama adalah kondisi dunia yang dinamis dan berubah-ubah, yang menjadi kekhawatiran sendiri bagi Gen Z akan masa depan.

Sosok Prabowo dinilai mumpuni untuk memecahkan masalah itu.

“Selain itu, ia juga memiliki karakter yang cenderung pemberani, tegas, dan tenang, yang diyakini bisa memenuhi keinginan anak-anak Gen Z,” kata Ujang.

Kedua, dengan demikian Prabowo dapat dianggap sebagai sosok yang menawarkan masa depan terbaik untuk Gen Z.

“Anak-anak muda sederhana saja, bukan hanya janji semata, tapi, bisa direalisasikan. Anak muda yang rasional butuh kepastian masa depan dan butuh lapangan kerja yang baik. Dan hal itu ada semua pada diri Prabowo,” kata Ujang.

Ketiga, latar belakang Prabowo yang berasal dari militer dan pengusaha.

“Prabowo selain punya latar belakang sebagai tentara, ia juga pengusaha. Tentu ini sebuah keberuntungan yang bagus untuk anak-anak Gen Z bersimpati mendukung Prabowo untuk menjawab kepastian masa depan terbaik,” ucap Ujang.

Berdasarkan survei Litbang Kompas tersebut di kalangan generasi Z, elektabilitas ketua umum Partai Gerindra itu diikuti oleh Ganjar Pranowo 24,5 persen; Anies Baswedan 10 persen; Ridwan Kamil 8,5 persen; Sandiaga Uno 2,4 persen; dan Agus Harimurti Yudhoyono 0,6 persen. (fajar)

  • Bagikan