Rekrutmen CPNS & PPPK Mulai 2024 Berubah, Ini 6 Poin Penting RPP Manajemen ASN

  • Bagikan
Ilustrasi ujian CPNS dan PPPK

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Rekrutmen CPNS dan PPPK mulai 2024 akan berubah total. Kebijakan itu seiring dengan perubahan regulasi yang tengah digodok pemerintah.

Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Alex Denni mengungkapkan pemerintah membuat formula baru untuk penyelesaian masalah honorer yang ditenggat 28 November 2023.

Sejumlah formulanya diatur dalam Rancangan Peraturan Pemerintah Manajemen Aparatur Sipil Negara (RPP Manajemen ASN) yang digadang-gadang selesai pada Oktober 2023.

"Untuk penyelesaian honorer termasuk guru akan menggunakan pola rekrutmen yang diatur dalam RPP Manajemen ASN," kata Alex Denni, dalam rapat kerja gabungan Komisi X DPR RI, Rabu (24/5).

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menambahkan penyelesaian masalah guru lulus PG PPPK tidak bisa tuntas tahun ini.

Dia mengatakan dengan seleksi PPPK guru 2023 pun, masih akan tersisa honorernya. Oleh karena itu, perlu ada sistem perekrutan model baru agar masalah honorer ini bisa tuntas.

"Pengangkatan PPPK guru 2023 tidak bisa mengakomodasi semua guru honorer. Pasti akan ada yang tersisa," ujar Mas Nadiem, sapaan akrabnya.

Sikap pesimistis Nadiem itu lantaran melihat perkembangan usulan formasi PPPK guru 2023 yang masih minim.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sudah memperpanjang pengajuan formasi lewat e-formasi hingga 7 Mei 2023.

Nyatanya, usulan yang masuk hanya 278.102 atau 46 persen dari total kebutuhan PPPK guru 2023 sebanyak 601.174.

  • Bagikan