Pemkot Makassar Gandeng Kalla Kars Jajaki Randis Listrik

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kalla Kars kembali memboyong motor listrik United untuk digunakan di lingkungan Pemerintah Kota Makassar. Kali ini, kegiatan test ride motor listrik tersebut diadakan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, yang terletak di Jalan Kerung-Kerung Kota Makassar, pada Kamis (25/5).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin menyambut dengan baik kehadiran United E-Motor dan bahkan ikut mencoba mengendarainya. Ia menjelajahi motor tersebut tidak hanya di sekitar kantor, tetapi juga mengendarainya hingga ke ruas Jalan Veteran Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Hendra memberikan tanggapannya mengenai motor listrik United E-Motor. Ia mengungkapkan bahwa torsinya sangat baik, serta mengakui keunggulan motor ini dalam hal kenyamanan dan kemudahan pengendalian. Hendra juga mencatat bahwa motor listrik ini dapat digunakan tanpa memerlukan waktu adaptasi yang lama.

"Torsinya bagus sekali, kita juga coba di ruas Jl Veteran juga sangat lincah. Dari sisi kenyamanan juga oke dan handling-nya pun mudah. Jadi, saat baru pertama pakai, langsung bisa tanpa beradaptasi cukup lama," ungkap A Hendra.

Hendra menyatakan bahwa penggunaan kendaraan listrik di lingkup pemerintahan telah menjadi instruksi dari Presiden Republik Indonesia. Selain itu, BPBD Makassar juga menindaklanjuti arahan yang diberikan oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

"Oleh sebab itu, kita langsung merespons di akhir tahun anggaran 2022 untuk mengubah pengadaan kita dari kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik," terang A Hendra.

Sebagai hasil dari inisiatif ini, BPBD Makassar telah mengubah pengadaan kendaraan mereka dari kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik pada akhir tahun anggaran 2022.

Hendra mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk membeli sebanyak 12 unit motor listrik United. Motor listrik ini diharapkan dapat mempermudah tugas tim BPBD dalam menangani bencana di daerah perkotaan dan meningkatkan respons time mereka.

"Indikator utama kerjaan kita kan response time. Dengan karakter motor seperti ini, lincah, ringan dan mudah pengisian baterainya akan mempercepat kita ke titik lokasi bencana," tutur Hendra.

Chief Operation Officer (COO) Kalla Kars, Fery Irawan optimis tren penggunaan motor listrik akan semakin meningkat di masa depan, terutama dengan dukungan dari pemerintah. Ia menyebutkan keunggulan penggunaan motor listrik, seperti ramah lingkungan serta biaya operasional dan perawatan yang lebih hemat.

Fery juga mengucapkan terima kasih atas respons positif dan kepercayaan yang diberikan oleh BPBD Makassar terhadap kehadiran United E-Motor. Ia yakin bahwa dengan keunggulan yang dimiliki motor listrik ini, kegiatan operasional di BPBD Makassar akan menjadi lebih mudah.

Kami berterima kasih atas respons positif dan kepercayaan yang diberikan BPBD Makassar terhadap kehadiran United E-Motor ini. Kami yakin dengan keunggulan yang dimiliki motor listrik ini akan mempermudah kegiatan-kegiatan operasional di BPBD Makassar nantinya," jelas Fery.

Motor listrik United E-Motor yang diuji coba di Kantor BPBD Makassar terdiri dari tiga tipe, yaitu T1800, TX1800, dan TX3000. Sebelumnya, test ride motor listrik United E-Motor juga telah dilakukan bersama Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di kediamannya pada 3 Mei 2023 yang lalu. (Sas/A)

  • Bagikan