Buka Porseni dan Launching Kegiatan Dies Natalis ke-62, PHS Minta Civitas Akademika Tumbuhkan Rasa Cinta untuk UNM

  • Bagikan
Rektor UNM Prof Husain Syam Berikan Keterangan Usai Buka Porseni di Lapangan Tenis PPs, Senin (29/5).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam atau PHS meminta seluruh civitas akademika menumbuhkan rasa cinta untuk UNM. Kebersamaan menjadi modal utama sehingga UNM eksis hingga di usia ke-62.

Hal itu PHS sampaikan saat membuka pertandingan olahraga dan launching kegiatan Dies Natalis Universitas Negeri Makassar (UNM) ke-62 tahun di lapangan Tenis Pascasarjana, Senin (29/5).

Sebelum upacara pembukaan dimulai, Prof Husain Syam bersama para unsur pimpinan disambut oleh tari ganrang bulo dari sanggar seni Sirajuddin Makassar yang dimainkan oleh anak-anak SD.

Tarian ganrang Bulo ini juga sebagai tanda untuk menjemput tamu kehormatan yang dimainkan oleh leluhur sejak dahulu dan dilestarikan oleh pekerja seni saat ini.

Uniknya, pada pembukaan dan seluruh rangkaian launching Dies Natalis UNM terlihat tampak meriah diselingi berbagai macam warna seragam yang diikuti oleh 11 kontingen dari berbagai unit di lingkup UNM.

Rektor UNM, Prof Husain Syam dalam sambutannya menyampaikan di usia ke 62 tahun ini sebagai modal utama adalah kebersamaan.

“Kalau kita bersama Insya Allah semua bisa diterobos dengan sangat baik. Hari ini kebersamaan dan sportivitas dalam pertandingan olahraga itu juga harus hadir, jangan ada perselisihan antar sesama. tidak mesti orang juara, tapi yang penting kebahagiaan bersama melihat UNM usianya ke 62 tahun,” ungkapnya.

Prof Husain Syam atau akrab disapa PHS ini juga mengatakan dalam menapaki langkah diusia yang ke-62 tahun, semua harus bertanggung jawab menghadirkan rasa cinta kepada UNM agar bisa terus eksis di kancah nasional maupun internasional.

Bahkan, kata Guru besar di bidang pertanian ini, rangkaian launching Dies Natalis tahun ini merupakan yang teramai dan termegah dalam memperingati hari jadi UNM selama dirinya menjabat sebagai Rektor dua periode.

“Saya mengatakan bahwa jujur saya berbahagia, karena baru kali ini saya melihat acara semegah ini. Tahun kedelapan saya diamanahi sebagai Rektor baru kali ini kegiatan launching Dies Natalis sangat meriah dan ramai,” tegas PHS sembari para kontingen memberikan aplaus.

Yang menjadi catatan penting, menurut Prof Husain Syam, dalam beberapa hal memang UNM sudah mengungguli perguruan tinggi yang lain, seperti di bidang seni, akademik, dan masih banyak prestasi lainnya.

“Apa yang kita pandang kurang kita harus selalu membenahi, secara sinergitas memunculkan segala kemampuan dan semangatnya dalam menggelar kegiatan seperti ini. Inilah kita agar bagaimana UNM semakin jaya kedepan,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Panitia Dies Natalis UNM ke-62, Prof Muh Yahya (Dekan Fakultas Teknik UNM) dalam laporannya menyampaikan rangkaian kegiatan Dies Natalis UNM diselenggarakan dengan berbagai pertandingan.

Diantaranya, kegiatan akademik, seperti orasi ilmiah, seminar nasional dan internasional, pameran pendidikan, debat bahasa Inggris, kontes robot dan kuliah umum.

Untuk kegiatan sosial sendiri, diantaranya anjangsana, bakti sosial, penanaman mangrov, PKM, donor darah dan pengobatan gratis serta lomba kebersihan dan keindahan kampus antar unit.

Pada kegiatan olahraga, ada lomba Tennis lapangan, bulutangkis, bola volley, futsal, domino, tennis meja, sepeda santai, minggu gembira dan kegiatan upacara puncak serta malam kenangan pada bulan Agustus mendatang. (*)

  • Bagikan