Lelang Proyek Japparate Dimulai Juli 2023

  • Bagikan
Danny Pomanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengungkapkan lelang proyek investasi Japparate akan dimulai pada mulai Juli 2023 mendatang.

Lelang tersebut dimulai bertepatan pada moment penyelenggaraan event Makassar Investment Forum (MIF) 2023 pada 14 Juli mendatang di Kota Makassar.

"Hasil dari pada IMF itu Japparate. Sekaligus akan melaunching lelangnya Japparate," ujar Danny sapaan akrabnya saat ditemui di kediaman pribadinya di Jalan Amirullah, Selasa (30/5/2023).

Diketahui, event MIF 2023 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke XVI yang digelar di Kota Makassar pada tanggal 10 hingga 14 Juni 2023. Kegiatan ini akan dihadiri oleh seluruh pemerintah kota se Indonesia.

Japparate merupakan salah satu proyek startegis Kota Makassar. Japparate atau jembatan layang tiga lantai yang rencananya akan dibangun di kawasan Anjungan Pantai Losari swpanjang 1,6 kilometer dengan nilai investasi Rp5 triliun.

Danny melanjutkan, MIF 2023 ini rencananya akan dihadiri oleh beberapa investor dari berbagai negara yakni Jepang, Korea Selatan, Australia, Singapura, Belanda, Jerman, Inggris, Swedia, dan Amerika Serikat.

"Itu 8 negara, kami berharap lebih banyak lagi negara yang hadir dan lebih banyak yang kita tawarkan," ujar Danny.

Pemkot Makassar rencananya akan menawarkan proyek investasi Japparate hingga rencana pembangunan kabel bawah tanah. "Kita tawarkan nanti tol untuk investor," terang Danny.

MIF 2023 ini bertujuan untuk pembangunan daerah dengan mendukung program prioritas pembangunan kota-kota seluruh Indonesia. Meningkatkan potensi daerah melalui transformasi smart city, pembangunan infrastruktur dan integrasi sistem transportasi. Dan juga menjadi ajang mencari solusi dan wadah diskusi untuk kemajuan dan keberlanjutan pembangunan daerah.

Sehingga dengan adanya MIF 2023, Danny Pomanto berharap iklim investasi terus menggeliat. Apalagi pertumbuhan ekonomi Kota Makassar mencapai 5,4 persen di atas provinsi dan nasional. (sasa/B)

  • Bagikan