Kemenkumham Babel: Dapur Rutan Kelas IIB Muntok Miliki Sertifikat Halal

  • Bagikan
Kepala Rutan Kelas IIB Muntok, Abdul Rasyid Meliala mengatakan Dapur Rutan Kelas IIB Muntok Bangka Barat telah memiliki sertifikat halal yang diserahkan secara langsung oleh Direktur Lembaga Pengkajian Pangan dan Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nardi Pratomo, pada Rabu lalu.

MUNTOK, RAKYATSULSEL - Kepala Rutan Kelas IIB Muntok, Abdul Rasyid Meliala mengatakan Dapur Rutan Kelas IIB Muntok Bangka Barat telah memiliki sertifikat halal yang diserahkan secara langsung oleh Direktur Lembaga Pengkajian Pangan dan Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nardi Pratomo, pada Rabu lalu.

Menurut Nardi Pratomo, Rutan Kelas IIB Muntok adalah UPT ke-5 yang telah memiliki Sertifikat Halal di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Babel.

Kepala Rutan Muntok Rasyid Meliala, mengatakan, dua orang petugas Dapur Rutan Kelas IIB Muntok terlebih dahulu mengikuti Pelatihan Pengenalan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) dan Sertifikasi Halal UMKM yang diselenggarakan oleh Halal Training Education Consulting (HALTEC) dan Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC) sebagai langkah awal dan komitmen Rutan Kelas IIB Muntok dalam mewujudkan Dapur Sehat yang bersertifikat Halal.

“Sertifikasi Halal Dapur Rutan ini untuk memberikan kepastian kepada WBP bahwa makanan yang dikonsumsi telah diproses sesuai dengan Syariat Islam, mengikuti kaidah kebersihan dan kesehatan,” ujar Rasyid.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Babel, Sahata Marlen Situngkir mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya agar seluruh Lapas/Rutan dapat sertifikat laik higienis dari Dinas terkait.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto mengucapakan terima kasih kepada Ketua MUI Babel atas sinergi yang telah baik selama ini. Pihak kanwil terus berupaya meningkatkan kualitas layananan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan di Babel.

“Sebagian besar Poliklinik Lapas/Rutan sudah jadi Klinik Pratama dan sedang diupayakan agar semua dapur Lapas/Rutan miliki sertifikat laik higienis dan sertifikat halal,” kata Harun yang kelahiran Belinyu Bangka tersebut. (*)

  • Bagikan