Pelaku Usaha di Palopo Dilatih Membuat NIB

  • Bagikan
Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs H Firmanza DP saat membuka acara Bimbingan teknis Implementasi Perijinan Berusaha Berbasis resiko tahun 2023, di Hotel Harapan, Senin (05/06/2023).

PALOPO, RAKYATSULSEL - Sekretaris Daerah Kota Palopo Bapak Drs. H. Firmanza DP., S.H., M.Si, mewakili Walikota Palopo membuka acara Bimbingan Teknis Implementasi Perijinan Berusaha Berbasis Resiko Tahun 2023, yang bertempat di Hotel Harapan, Senin (05/06/2023).

Laporan Panitia Pelaksana Irfan Dahri, S.STP., M.Si mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar setiap pelaku usaha mampu secara mandiri membuat nomor induk berusaha melalui Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA).

Selain itu, juga dapat melakukan pelaporan Laporan Kegiatan Penanaman modal-Risk Approach (LKPM-RBA) secara mandiri, kemudian sebagai bahan informasi kepada pelaku usaha lainnya berada di wilayahnya masing-masing.

Adapun Peserta Kegiatan Bimtek dan Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko ini di hadiri 50 orang yang terdiri dari pelaku usaha di Kota Palopo.

Sekda Kota Palopo, Drs H Firmanza dalam sambutannya menyampaikan, bahwa di berbagai kesempatan forum pertemuan dirinya senantiasa mengajak segenap elemen pemerintah dan masyarakat di Kota Palopo untuk senantiasa menjaga semangat kebersamaan.

Olehnya itu, melalui Bimtek ini diharapkan dapat mengembangkan kapasitas usaha taraf hidup pelaku usaha, serta pekerjanya, khususnya tentang perijinan berusaha berbasis resiko.

"Sebagaimana kita pahami bersama bahwa setiap unit usaha tentu menghadapi resiko bagi situasi kelangsungan usaha, resiko bagi pelaku usaha, pekerja dan atau bagi pelanggan atau konsumennya.

Maka melalui bimtek/sosialisasi kali ini, tentu kita harapkan lebih mendorong terciptanya iklim yang kondusif bagi tumbuh kembangnya berbagai UMKM sektor usaha, di Kota Palopo terutama sektor non primer termasuk UMKM," harap Firmanzah.

Dirinya juga berpesan kepada peserta bimbingan teknis/sosialisasi ini agar memanfaatkan forum sebagai ajang menambah pengetahuan dan memperluas wawasan, agar benar-benar bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas usaha yang dikelola. (Has)

  • Bagikan