Gojek dan Gramedia Academy Latih Anak Mitra di Kota Makassar Kuasai Bahasa Inggris

  • Bagikan
Pelatihan bahasa Inggris yang diinisiasi oleh Gojek bekerjasama dengan Gramedia Academy bagi anak Mitra di Kota Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebanyak 20 anak dari Mitra Gojek di Kota Makassar mendapatkan pelatihan bahasa Inggris yang diinisiasi oleh Gojek bekerjasama dengan Gramedia Academy.

Pelatihan ini berlangsung selama dua bulan dan anak mitra akan mendapatkan program pendidikan komprehensif seperti writing, listening dan juga conversation yang membantu mereka dalam menguasai bahasa Inggris.

"Memiliki kemampuan berbahasa asing terutama bahasa Inggris merupakan hal yang perlu ditanamkansejak dini karena Bahasa Inggris merupakan bahasa standar internasional," Head of Corporate Affairs Gojek Indonesia Timur, Guntur Arbiansyah, Rabu (7/6).

Di setiap akhir pembelajaran, anak mitra diminta untuk menyelesaikan beberapa tes untuk mengukur kemajuannya berbahasa.

Guntur Arbiansyah mengatakan program pendidikan ini adalah bagian dari upaya Gojek untuk memberikan akses penghidupan keluarga mitra yang lebih baik di masa depan.

"Program ini secara berkala diadakan dan merupakan bagian dari program Gojek Swadaya yang berfokus mendorong peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga," terang Guntur.

Program pelatihan pendidikan ini mendapat antusiasme, sebab ada ratusan anak mitra di kota Makassar telah mengikuti seleksi untuk mendapatkan kesempatan kursus ini.

Seleksi dilakukan sejak awal April 2023 dan mengikuti placement test untuk penempatan kelas bahasa Inggris sesuai hasil tes.

Rangkaian proses seleksi bagi calon penerima pelatihan mencakup seleksi bagi mitra driver (performa, kejujuran, dan loyalitas) dan seleksi bagi anak mitra driver (motivasi serta seleksi kemampuan akademis).

Pelatihan ini merupakan program pendidikan soft skill yang telah dilaksanakan sejak bulan November 2022 yang lalu di beberapa kota di Indonesia. Di antaranya, Bandung, Yogyakarta, Semarang Solo, Sukabumi, Tasikmalaya, Serang, Cirebon Karawang dan Purwokerto.

Pada periode ini, Gojek menambah wilayah jangkauan penerima pelatihan ke kota Makassar. Sejak tahun 2017 sampai saat ini, lebih dari 600 anak mitra driver telah menerima kesempatan belajar dan lulus dengan prestasi.

Sementara itu, Mitra Gojek Makassar, Supriadi mengungkapkan apresiasinya dan merasa ssangat terbantu dengan adanya program ini. Apalagi, kata dia, keluarga dan pendidikan merupakan hal yang utama.

Dengan adanya program ini. Supriadi menyebut anaknya dapat belajar dengan baik dan dirinya bisa terus mengupayakan hal yang terbaik anaknya.

"Terima kasih Gojek dan Gramedia Academy, karenanya saya bisa menyimpan dana lainnya untuk kebutuhan pendidikan selanjutnya di masa yang akan datang serta semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut,"tutup Supriadi.

Selain memberikan kesempatan belajar untuk keterampilan non-akademis, Gojek setiap tahunnya membuka kesempatan untuk anak mitra driver untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik yang berfokuskan pada dunia kerja. Kesempatan tersebut berupa beasiswa selama 3 tahun yang sepenuhnya ditanggung oleh Gojek.

Semua inisiatif yang dilakukan Gojek pada bidang pendidikan memiliki tujuan dalam menaik kelaskan kesejahteraan mitra driver dan keluarganya. (Sas/B)

  • Bagikan