Tiga Calon Anggota KPU Gugur

  • Bagikan
CAT. Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Zona Empat mengikuti tes tertulis atau Computer Assisted Test (CAT) yang berlangsung di Gedung Phinisi UNM, Rabu (7/6/2023). FOTO: SURYADI/RAKYATSULSEL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Zona Empat meliputi Kabupaten Bantaeng, Sinjai dan Kota Palopo mengikuti tes tertulis atau Computer Assisted Test (CAT) yang berlangsung di Gedung Phinisi UNM, Rabu (7/6/2023).

Anggota tim seleksi (Timsel), Muh Maulana menyampaikan bahwa dari total 143 peserta yang lolos administrasi di tiga daerah itu, hanya 140 orang mengikuti tes tertulis.

Dengan begitu, tiga peserta atau calon komisioner yang tidak mengikuti tahapan tersebut akan sendirinya digugurkan karena tidak memenuhi syarat yang diatur dalam mekanisme rekrutmen KPU.

"Dari 143 calon lolos administrasi. Ada tiga orang tidak ikut tes tertulis hari ini (kemarin). Mereka berasal dari Sinjai dua orang dan Palopo satu orang. Secara otomatis gugur," tegas Maulana.

Untuk tahapan selanjutnya, lanjut mantan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar ini, 140 peserta akan mengikuti tes psikologi.

Tes psikologi, lanjut Maulana, akan dilaksanakan di Hotel Claro Makassar selama dua hari, yakni mulai 8 sampai 9 Juni 2023. Pihak timsel akan bekerja sama dengan TNI angkatan darat.

"Jadi, 140 calon ini akan jalani tahapan selanjutnya tes psikologi. Waktu selama dua hari di Hotel Claro, kami bekerja sama dengan TNI AD," jelasnya.

Sebagai informasi bahwa, sebelumnya total pendaftar dari tiga kabupaten/kota lolos hasil verifikasi administrasi berkas ada 143 peserta yang lolos.

Rinciannya, di Sinjai 52 orang, Bantaeng 37, dan Palopo 54. Hanya saja memasuki tes tertulis CAT, tiga orang tak hadir sehingga calon untuk Sinjai menjadi 50 orang dan Palopo 53 orang.

Dari data dihimpun Harian Rakyat Sulsel, 140 calon komisioner KPU tersebut, terdapat sembilan petahana. Di Sinjai hanya satu orang, yaitu Awaluddin.

Sementara di Bantaeng ada empat orang petahana yang maju lagi yakni Agusliadi, Lukman, Kasmawati dan Ansar Tuba. Di Kota Palopo juga empat petahana yakni Abbas, Efendi Samaila, Iswandi Ismail dan Surahman.

Anggota KPU Bantaeng, Agusliadi membenarkan bahwa ia bersama tiga rekannya maju lagi untuk periode kedua. "Iya, empat orang mendaftar lagi. Mohon doanya," singkatnya.

Bukan cuma itu, beberapa komisioner Bawaslu juga menyeberang ke KPU. Tiga anggota Bawaslu Palopo kompak mengikuti seleksi KPU.

Mereka diantaranya ialah Ketua Asbudi Dwi Saputra, Sitti Aisyah dan Ahmad Ali. "Kita ikhtiar saja mengabdikan diri," singkatnya.

Di Sinjai, anggota Bawaslu yang mendaftar ialah Ahmad Ismail dan Saifuddin. Sementara di Bantaeng ada Muhammad Saleh. (Suryadi/C)

  • Bagikan