Ahmad Afiif Promosi Doktor dengan Penelitian tentang Pesantren dan Perilaku Positif Remaja

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ahmad Afiif, S.Ag., M.Si berhasil menyelesaikan Ujian Promosi Doktor pada Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Alauddin Makassar, pada hari Senin (12/6/2023).

Dalam penelitiannya yang berjudul "Pengaruh Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren Terhadap Kecerdasan Emosi, Religiusitas, Kompetensi Sosial, dan Tingkah Laku Prososial Remaja pada Santri di SMA Pesantren IMMIM Putra Makassar," Ahmad berhasil menyelesaikan penelitiannya dalam waktu 6 bulan.

Setelah promosi doktor, Ahmad memberikan penjelasan mengenai penelitiannya yang terinspirasi oleh sebuah buku yang ia baca.

"Saya meneliti nilai-nilai yang ada di pesantren. Saya terinspirasi dari buku Daniel Goleman tentang kecerdasan emosi, dan ternyata apa yang dibahas dalam buku tersebut juga terdapat dalam pendidikan pesantren. Selain itu, pendidikan pesantren juga dapat menentukan dan mempengaruhi perilaku positif santri," ungkapnya.

Ahmad menjelaskan bahwa dalam teori, individu dipengaruhi oleh lingkungannya. "Pesantren dengan penerapan nilai-nilai selama 24 jam sehari selama kurang lebih 3 tahun akan memberikan pengaruh bagi santri," jelasnya.

Lebih lanjut, Ahmad menggunakan metode penelitian eks post facto dan kuantitatif dengan menggunakan skala psikologi sebagai instrumen utama.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai yang diterapkan di pesantren memberikan pengaruh positif bagi remaja," tambahnya.

Ahmad berharap nilai-nilai ini dapat dikembangkan dalam program pendidikan pemerintah di sekolah dengan mengadopsi pendekatan pendidikan di pesantren. Misalnya, program mingguan atau bulanan yang dapat diterapkan di sekolah. Selain itu, nilai-nilai ini juga dapat diterapkan bagi anak-anak yang berhubungan dengan hukum," tambah Ahmad.

Terakhir, Ahmad berharap dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan mengembangkan penelitian ini secara lebih luas lagi.

  • Bagikan