Seleksi CPNS 2023 Dibuka Bulan September, Khusus Sulsel Tidak Ada Untuk Fresh Graduate

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023. Rencananya, CPNS akan dibuka pada September mendatang.

Pemerintah melalui Kemenpan RB sudah memutuskan untuk membuka kuota sebanyak 1.030.751. Secara rinci, total kuota itu terdiri dari 15.858 CPNS dosen untuk formasi tenaga pendidik dosen.

Kemudian untuk tenaga teknis yang lain kuotanya sebanyak 18.595, PPPK dosen 6.472, PPPK tenaga guru 12.000, PPPK tenaga kesehatan 12.719, dan 15.205 untuk formasi PPPK tenaga teknis lain.

Khusus untuk Sulsel, tahun ini Pemprov mengusulkan 3.801 kuota. Hanya saja, tidak ada untuk fresh graduate. Kuota itu hanya dibuka untuk PPPK di bidang pelayanan dasar, seperti tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Sukarniaty Kondolele mengatakan, hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi pusat. Sehingga, tahun ini tidak ada kuota fresh graduate untuk Sulsel.

"Sebagaimana kebijakan pengadaan ASN TA 2023, pemerintah daerah hanya dapat mengusulkan kebutuhan ASN untuk formasi PPPK,” ujarnya kepada FAJAR, Selasa, 13 Juni.

Lebih lanjut Sujarniaty mengatakan, jumlah tersebut akan dibagi ke dalam tiga formasi. Masing-masing jabatan fungsional tenaga guru, jabatan fungsional tenaga kesehatan dan jabatan fungsional teknis.

”Ya cuma tiga formasi itu saja yang kami buka. Kami sesuaikan dengan usulan yang sudah disampaikan kepada Kemenpan RB,” kata dia.

Secara rinci, jabatan fungsional guru akan menerima 2.870 formasi, jabatan fungsional tenaga kesehatan sebanyak 762 formasi, dan jabatan fungsional teknis sebanyak 169 formasi.

"Tetapi itu sifatnya masih usulan. Untuk selanjutnya, menjadi kewenangan Kementerian PANRB yang akan menetapkan formasi kebutuhan ASN dimaksud,” jelasnya.(FO)

  • Bagikan