Percepat Pelayanan Publik, Boarding Cukup Tampakkan Wajah

  • Bagikan
ilustrasi

JAKARTA, RAKYATSULSEL -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan penerapan digitalisasi pelayanan publik di sektor transportasi akan semakin meningkatkan pelayanan angkutan massal.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital Nasional yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

"Pelayanan publik yang dilakukan secara digital adalah suatu keniscayaan. Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Kemenpan RB dan Kemendagri. Kami juga terus berupaya menerapkannya di sektor transportasi, yang memiliki dua hal penting, yaitu terkait perizinan dan pelayanan angkutan massal," ucap Menhub dikutip dari keterangan resmi, Selasa.

Ia menyebutkan dengan penerapan digitalisasi perizinan yang dilakukan di sektor perhubungan, dapat mempersingkat alur birokrasi sehingga pelayanan perizinan di sektor transportasi menjadi lebih cepat dan mudah. Begitu juga, dengan digitalisasi pelayanan angkutan massal akan semakin memudahkan masyarakat pengguna jasa angkutan massal.

"Untuk membeli tiket, saat ini PT KAI sudah dapat menggunakan wajah (face recognition) untuk melakukan konfirmasi perjalanan saat akan boarding sehingga makin cepat dan memudahkan pengguna jasa kereta api," ujar Menhub.

Dalam kegiatan soft launching tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan MPP Digital menjadi strategi taktis pemerintah dalam mempercepat pelayanan publik sekaligus meningkatkan investasi.

Melalui MPP Digital, kata Ma'ruf, fungsi pelayanan publik terpadu diharapkan semakin berjalan baik, cepat, dan aman.

  • Bagikan

Exit mobile version