Pemkot Hadirkan 41 Pusat Kegiatan Pelayanan di Kontainer Makassar Recover

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar akan menjadikan Kontainer Makassar Recover sebagai pusat pelayanan bagi masyarakat. Di mana, akan ada 41 pusat kegiatan pelayanan yang dihadirkan pada Kontainer Makassar Recover.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menamai kegiatan tersebut sebagai Kontainer Terpadu (Konter) yang akan menjadi pusat penyelesaian berbagai masalah masyarakat.

Danny Pomanto sapaan akrabnya menyebut kontainer akan menjadi pusat pelayanan terpadu yang mencakup berbagai bidang seperti administrasi kependudukan (capil) dan kesehatan.

"Semuanya ada di situ, ada capil, kesehatan. Jadi merupakan pelayanan terpadu. Pusat pemulihan seluruh persoalan," ujar Danny Pomanto, Minggu (2/7/2023).

Maka dari itu, Danny Pomanto menginstruksikan kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertanggung jawab atas layanan yang mereka berikan di 143 kontainer di setiap kelurahan.

Setiap layanan memiliki waktu pelayanan yang ditentukan, di mana kegiatan dalam bidang sosial kemasyarakatan dan kegawatdaruratan akan dilakukan selama 24 jam penuh.

Sedangkan, untuk beberapa kegiatan lainnya akan berlangsung selama jam kerja dari pukul 08.00 hingga 17.00 WITA. Layanan kesehatan dan pelatihan ekonomi akan memiliki durasi sekitar dua jam.

Danny berharap kebijakan baru ini akan meningkatkan aksesibilitas terhadap pelayanan sipil bagi semua masyarakat. Implementasi teknis akan dilakukan oleh masing-masing kelurahan, termasuk pengumuman mengenai waktu dimulainya dan durasi setiap layanan.

Adapun ke 41 kegiatan pelayanan di Konter, di antaranya Tokomoditi, BACCE (Balla Amma Caradde), Posko Damtor, Posko Mitigasi Sosial, Posko Trantibumlinmas, Posko Pengaduan Restorative Justice, Balla Barakka, Sekretariat PPS Kelurahan, Loket PBB, Posko Start Up Lorong, Posko Circular Economy, Posko Pelayanan Fasilitasi Perizinan UMKM dan Posbindu.

Kemudian, Poslansia, Posyandu, Kelas Ibu Hamil, Posko Stunting & KB, Posko Go Sedot, Posko FKPM (Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat), Posko Ruang Belajar, Pet Health Center, Pusat Informasi Budidaya Lorong, Posko Pelayanan HAKI, Posko DUKCAPIL ONLINE, Posko Pelayanan NIB UMKM dan Creative Hub.

Selanjutnya, Lokerta (Informasi Lowongan Kerja untuk Kita), Pos Siaga Bencana & Kedaruratan, Pusat Pengaduan Anak Putus Sekolah, Pusat Informasi Safety Riding, Pusat Keluhan Tata Ruang (Putarki), Pusat Informasi Rumah Layak Huni, Perpustakaan Digital, elayanan Tanah ex-Gemente, Pusat Bantuan Penyusunan Arsip Keluarga, Digital Museum, Kantor Pakkandatto, Kontainer Aspirasi, Pusat Informasi Bantuan Pengurusan Jenazah, Pusat Pengaduan Pelayanan Air Bersih dan Pusat Inkubator Mini. (sasa/B)

  • Bagikan

Exit mobile version