Ramaikan Rakernas APEKSI 2023, Ratusan UMKM Terlibat Dalam Pameran ICE ke-19

  • Bagikan
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar Muhammad Rheza.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pameran Indonesia City Expo (ICE) ke-19 akan kembali digelar di Centre Point Of Indonesia (CPI) yang akan berlangsung pada tanggal 12 Juli - 14 Juli 2023. ICE ke-19 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2023.

ICE sendiri merupakan pameran tahunan yang bertujuan sebagai tempat untuk mempublikasikan capaian pembangunan dalam bidang tata kota yang berkelanjutan dan dapat membuka peluang kerjasama antara pemerintah dan swasta.

Seperti dalam tata kelola perkotaan, membuka peluang kerjasama bisnis dan investasi antara pemerintah dan pelaku usaha dalam berbagai sektor industri, dapat menciptakan hubungan sinergi antar pemerintah kota dalam pengembangan pembangunan perkotaan.

Pada ICE ke-19 akan meliputi beberapa rangkaian acara seperti pameran dari masing-masing kota anggota APEKSI mulai dari inovasi, program-program hingga produk asli daerah. Tak hanya itu, ada pula Pagelaran Seni Budaya Nusantara, Festival Kuliner dan Pawai Budaya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar Muhammad Rheza, mengatakan akan melibatkan beberapa UMKM dengan mendirikan stand yang berpusat di Anjungan Of City Makassar.

“Total UMKM-nya kita belum tau berapa pastinya karena masih bertambah yang mendaftar. Tapi kalau dari OPD sendiri ada bagian kerjasama, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, DP2, PTSP, Dinas Ketahangan Pangan, Disnaker, Diskop umkm,” ungkap Rheza, Minggu (2/7/2023).

Rheza mengatakan menyebut ICE ke-19 ini menjadi ajang yang berpotensi menciptakan peluang kerjasama antara anggota APEKSI yang hadir. "Kemungkinan besar ada saling ketertarikan atau ada minat antar kota sehingga terbuka peluang kerjasama diantara pemkot yang ikut ICE,” ucap Rheza.

Acara ini akan menjadi perhelatan terbesar bagi Pemerintah Kota Makassar karena ribuan peserta dari hampir seluruh Walikota anggota Apeksi beserta jajarannya diharapkan menghadiri acara tersebut.

Terpisah,Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengajak seluruh peserta Apeksi dari 98 kota di seluruh Indonesia dan masyarakat Makassar untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan Rakernas Apeksi dan ICE ke-19.

“Sebagai tuan rumah tahun ini saya siap menyambut seluruh peserta APEKSI dan Saya juga mengajak untuk sukseskan penyelenggaraan Rakernas XVI Apeksi dan ICE ke-19 di Kota Makassar. Persembahkan yang terbaik buat tamu-tamu kita agar Kota Makassar menjadi lebih baik di mata kota-kota yang hadir,” ucap Danny. (sasa/B)

  • Bagikan