Mahfud MD : Gencarkan Literasi Politik

  • Bagikan
Kegiatan Forum Koordinasi Sentra 'Gakkumundu' Penanganan Tindak Pidana Pemilihan Umum di Wilayah Sulawesi, berlangsung di Hote Claro, Kamis (13/7/2023). (Abu)

MAKASSAR ,RAKYATSULSEL - Kegiatan Forum Koordinasi Sentra 'Gakkumundu' Penanganan Tindak Pidana Pemilihan Umum di Wilayah Sulawesi, berlangsung di Hotel Claro, Kamis (13/7/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, hadir sebagai pembicara, juga terpantau Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan petinggi Forkopimda. Kegiatan ini juga terselenggara secara Hybrid dan diikuti secara daring 272 sentra Gakkumdu di luar Sulsel.

Deputi Bidkoor Hukum dan HAM Kemenko Polhukam, Sugeng Purnomo dalan sambutannya menyampaikan terselengaranya kegiatan ini untuk menguatkankan koordinasi terhadap sesama gakkumundu se- Sulawesi.

Kata dia, itu juga berangkat dari beberapa fenomena pada pemilu tahun-tahun sebelumnya terutama dalam konteks pelanggaran dan kecurangan.

Bahkan kata dia, putusan pelanggaran itu paling banyak pada proses kampanye yang pada pemilu sebelumnya itu terdapat sebanyak 159 putusan pelanggaran yang dikeluaran oleh pihak Bawaslu.

Sementara, itu Menkopolhukam, Mahfud MD dalam sambutannya, menyampaikan Gakkumundu hadir sebagai instrument pembeda tidak pidana pemilu dan tindak pidana hukum dalam proses pemilu.

"Hadirnya gakkumundu tentu akan memantapkan koordinasi antar sesama gakkumundu," sebutnya.

"Gencarkan literasi politik, untuk mencipta kualitas pemilu yang berkualitas di masyarakat," sebutnya. (Abu Hamzah/B)

  • Bagikan