Timsel Bawaslu Umumkan Hasil Seleksi CAT dan Tes Psikologi

  • Bagikan
Pelaksanaan Tes CAT calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Sulsel beberapa waktu lalu.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tim seleksi (timsel) calon Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Sulsel mengumumkan hasil kelulusan tes tertulis atau CAT dan tes psikologi.

"Hasil calon Bawaslu Sulsel II meliputi Kabupaten Barru, Bone, Gowa, Maros, Pangkap, dan Kota Makassar. kami sudah umumkan sesuai penilaian. Ini masuk 20 besar, ada 12 besar," kata anggota Timsel zona II, Anshar Amirullah, Minggu (16/7/2023).

Dikatakan, dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, setelah melakukan penilaian atas Tes Tertulis dan Tes Psikologi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/kota.

"Dengan ini, Timsel mengumumkan daftar nama peserta yang lolos seleksi tertulis dan psikotes calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Zona II Sulawesi Selatan Periode 2023-2028," jelasnya.

Sedangkan, Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Zona III Sulsel, Prof Arrijani menerangkan, berdasarkan hasil rapat pleno Timsel menetapkan 80 peserta yang berhak melaju ke tahap berikutnya.

"Calon Bawaslu Zona III Sulsel meliputi Kabupaten Enrekang, Pinrang, Sidrap, Wajo, Soppeng, dan Kota Parepare. Mereka akan masul tahapan berikutnya," katanya.

Para pendaftar ini akan bersaing jadi Komisioner Bawaslu yang nantinya bertugas jadi penyelenggara Pemilihan Umum 2024. Sementara yang lolos dalam tahapan tes tertulis dan tes psikologi ini berjumlah 12 orang di setiap kabupaten/kota.

"Terkhusus Kabupaten Wajo, tercatat ada 20 nama-nama calon anggota Bawaslu yang berhak melaju ke tahap berikutnya. Dalam pengumuman ini, 30 persen keterwakilan perempuan tetap kita perhatikan karena itu berdasarkan aturan," terang Prof Arrijani.

Adapun nama-nama yang lulus Tes Tertulis dan Tes Psikologi selanjutnya akan mengikuti Tes Kesehatan pada tanggal 14/bulan/tahun 2023, pukul 6.30 Wita.

Tes Kesehatan bertempat di Biddokkes Polda Sulsel Jl Kumala No.142, Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Sedangkan, pelaksanaan tes wawancara pada hari Senin-Jumat, 17-21 Juli 2023, dimulai pukul 07.30 WITA-Selesai.

"Bertempat di Hotel Swiss-Belcourt Makassar (Jl. G. Bawakaraeng No. 39-41, Pisang Utara, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan," jelasnya.

Untuk zona Sulsel I. Ketua Timsel, Dr. Muhammad Syahid menjelaslan, peserta lolos tes tertulis dan tes psikologi Zona I meliputi Kabupaten Sinjai, Bantaeng, Bulukumba, Kepulauan Selayar, Jeneponto, dan Takalar.

"Sebanyak 72 nama yang diloloskan Timsel dalam seleksi tertulis dan psikotes calon anggota Bawaslu periode 2023-2028," katanya.

Sebagaimana dalam SK keputusan Timsel tertanggal 13 Juli 2023, nama-nama yang lulus tes tertulis dan tes psikologi, selanjutnya mengikuti Tes Kesehatan pada tanggal 14-16 Juli 2023, pukul 06.30 Wita.

Bertempat di Biddokes Polda Sulsel Jl Kumala No142, Jongaya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Dan mengikuti Tes Wawancara pada tanggal 17 - 21 Juli 2023, pukul 08.00 Wita - Selesai.Tes wawancara bertempat di W Three Premier Hotel Makassar, Jl Lagaligo No. 34, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar," terang Muhammad Syahid.

Nama-nama calon Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Sulsel yang lulus tes tertulis atau CAT dan tes psikologi disini Zona I, Zona III, Zona IV . (Yad/B)

  • Bagikan