Wakapolres Pelabuhan Makassar Inspeksi Mendadak Ruang Tahanan

  • Bagikan
Wakapolres Pelabuhan Makassar, Kompol Sugeng Suprijanto gelar sidak di ruangan tahanan Mapolres.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan Wakapolres Pelabuhan Makassar Kompol Sugeng Suprijanto di ruangan tahanan Mapolres tersebut. Dalam sidak itu, satu persatu tahanan diperiksa. 

"Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang ke ruang tahanan," ujar Kasi Humas Polres Pelabuhan Makassar, IPTU Hasrul, Selasa (18/7/2023)

Hasrul mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna memastikan keamanan dan ketertiban di dalam sel tahanan. Sebagai langkah pencegahan, petugas dari kepolisian juga memeriksa seluruh sudut ruangan, termasuk isi tas milik para tahanan.

Selama kegiatan sidak, petugas melakukan pemeriksaan satu persatu terhadap tahanan guna mencegah adanya barang-barang terlarang, seperti handphone, korek api, ikat pinggang, alat makan berbahan besi dan kaca, minuman keras (miras), narkoba, senjata tajam, senjata api, dan barang berbahaya lainnya. 

Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk menegakkan peraturan dan menghindari potensi masalah di dalam sel tahanan.

"Pada kegiatan sidak tersebut, petugas memeriksa seluruh sudut ruangan termasuk isi tas milik para tahanan. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya barang bawaan yang tidak diperbolehkan dibawa masuk oleh tahanan," jelasnya. 

Selain itu, Kompol Sugeng Suprijanto juga disebut memberikan imbauan kepada petugas jaga agar meningkatkan kewaspadaan selama penjagaan tahanan. 

Petugas diharapkan selalu siaga dan memastikan keamanan serta kesehatan para tahanan. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di dalam ruangan tahanan.

"Kepada petugas jaga diingatkan agar dalam penjagaan tahanan, personel yang sedang tugas selalu siaga dan meningkatkan kewaspadaannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, melakukan kontrol kepada tahanan khususnya terkait masalah kesehatan dan kebersihan serta keamanan tahanan," terangnya.

"Sidak semacam ini akan dilakukan secara rutin setiap saat. Sesuai perintah Kapolres Pelabuhan, petugas jaga tahanan juga akan diperiksa oleh piket Provos,” tutupnya. (Isak/A)

  • Bagikan