Dua Kali Lolos ke DPR RI, PKS Tempatkan Akmal Pasluddin di Nomor Urut 2

  • Bagikan
Andi Akmal Pasluddin

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kompetisi sesama bakal calon legislatig (bacaleg) di internal partai untuk mendapat nomor urut sangatlah ketat. Misalnya di internal PKS dimana perebutan kursi DPR RI, pendatang baru menggeser posisi petahana dalam penempatan nomor urut.

Dimana petahana anggota DPR RI dua periode Andi Akmal Pasluddin kalah bersaing dengan pendatang baru Ismail Bachtiar yang mendapatkan nomor urut 01 di internal Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dalam daftar nama-nama caleg yang diperoleh awak media, nama Akmal Pasluddin berada di nomor urut dua. Sedangkan Ismail Bachtiar berada di nomor urut 01.

Padahal Akmal Pasluddin adalah petahana anggota DPR RI Fraksi PKS. Ia terpilih anggota DPR RI pada Pemilu 2014 lalu dari Dapil Sulsel II. Di Pemilu 2019 lalu, Akmal Pasluddin satu-satunya kader PKS melenggang ke Senayan dari Dapil Sulsel.

Adapun nomor urut satu caleg DPR RI PKS ditempati kader muda Ismail Bachtiar. Ismail Bachtiar berstatus sebagai pendatang baru di level pertarungan DPR RI.

"Saya ikut arahan partai saja saja," kata Ismail Bachtiar secara singkat, Rabu (19/7/2023).

Saat ini Ismail Bachtiar adalah anggota DPRD Sulsel. Politisi berlatar pengusaha itu memutuskan naik kelas ke pertarungan DPR RI di Pemilu 2024 ini.

Pemilu 2019, Ismail Bachtiar terpilih sebagai legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Sulsel dari daerah pemilihan (dapil) VII Sulsel.

Ismail maju melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia mendapatkan suara sebanyak 15.309 dari 34.416 suara keseluruhan.

Pemilu 2019 lalu, PKS Sulsel hanya berhasil mengamankan satu kursi di DPR RI. Andi Akmal Pasluddin mengantongi 66.340 perolehan suara dari Daerah Pemilihan Sulsel II, meliputi pemilih dari Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Barru, Pangkep, Maros, dan Kota Parepare.

Humas DPW PKS Sulsel, Wahidah Eka Putri mengatakan, setidaknya, ada sembilan jagoan partai berlambang padi diapit bulan sabit itu untuk bertarung di kontestasi Pemilu Legislatif 2024.

"Pemilu 2024, PKS Sulsel mempeioritaskan caleg milenial potensial," katanya.

Pertama, PKS tetap mendorong petahana Andi Akmal Pasluddin untuk bertarung di Pileg 2024. Lalu, Anggota DPRD Ismail Bachtiar dipastikan naik kelas bertarung di DPR RI.

Selanjutnya, ada nama Nikmat Baddare Situru. Nikmat Baddare Situru merupakan mantan Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kabupaten Sinjai.

Kemudian, Sekretaris DPW PKS Sulawesi Selatan Rustang Ukkas. Sejatinya, Rustang Ukkas sebelumnya bertarung di Pileg 2019 lalu. Namun, ia harus mengakui kehebatan dari sesama rekannya, Andi Akmal Pasluddin. Kini, putra kelahiran Kabupaten Maros itu kembali membidik kursi DPR Senayan.

Ada juga Mayor Jenderal TNI (Purn.) Heros Paduppai turut meramaikan persaingan perebutan kursi legislatif. Heros Paduppai merupakan tokoh kelahiran Makassar, 16 Oktober 1960. Adapun jabatan terakhirnya dalam dunia militer adalah sebagai Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan dari tahun 2016 hingga 2018.

Jagoan PKS lainnya, ada nama Abdul Aziz Zainuddin. Bersama Rustang Ukkas, Abdul Aziz Zainuddin merupakan kader PKS yang pernah bertarung di DPR RI Dapil Sulsel II, tepatnya Pileg 2019 lalu. Kini, ia mencoba kembali bertarung di kontestasi Pemilu Legislatif 2024.

Berikut daftar nama-nama kader partai lain yang kini menjadi jagoan PKS di Dapil Sulsel II.

1. Ismail Bachtiar
2. Dr. H. Andi Akmal Pasluddin, SP, MM
3. dr. Nikmat Baddare Situru
4 . Mayjen TNI (Purn) H. Heros Paduppai
5. Rustang Ukkas
6. Tazkiyyatunnafsiyah
7. Muh. Asrum
8. Dr. H. Abdul Aziz,S.Ag, MM
9. Fidi 

(Yad/B)

  • Bagikan

Exit mobile version