MACCA Gagal Tender, Pemkot Makassar Tambah Anggaran Proyek 

  • Bagikan
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Andi Pattiware

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Salah satu proyek strategis Pemerintah Kota Makassar yakni proyek Makassar Core City Arena (Macca) mengalami gagal tender. Penyebabnya, karena dari lima penyedia yang lolos pada tahap pra kulaifikasi tidak ada yang memasukkan penawaran.

"Kami perpanjang waktunya masih juga tidak ada yang memasukkan. Sehingga, setelah pokja rapat maka diputuskan bahwa gagal tender," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar, Andi Pattiware, saat ditemui Kamis (20/7).

Andi Pattiware menyebutkan setelah dinyatakan proyek Macca gagal tender, pihaknya langsung menindaklanjuti dengan melakukan konsultasi ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dari arahan itu, Dispora diminta untuk mencari tahu penyebab ke lima penyedia tidak memasukkan penawaran.

"Kami pun disarankan melakukan market sounding. Kami undang semua penyedia, kami tanyakan apa kendalanya," Andi Pattiware.

Setelah mengundang ke lima penyedia, Andi Pattiwarre menuturkan ada beberapa kendala yang dihadapi penyedia yakni terkait metode evaluasi yang mereka anggap tidak cocok untuk proyek design and build. 

"Penetapan metode evaluasi yang mendesak harga terendah ambang batas itu hasil konsultasi dengan LKPP. LKPP menyatakan bahwa untuk paket macca ini lebih condong ke mendesak harga terendah, akhirnya kami ikuti," kata Andi Pattiware.

Lanjut, ada beberapa penyedia, kata Andi Pattiware  yang menyatakan bahwa harga perkiraan sendiri (HPS) mereka lebih tinggi daripada pagu yangg dalam artian pagu yang ada ini kurang. Tak hanya itu, kendala lainnya yakni waktu yang disiapkan untuk memasukkan penawaran terlalu cepat.

  • Bagikan