Curi Daging Ayam Beku Tiga Ton, Pemuda di Makassar Dibekuk Reskrim Polsek Biringkanaya

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL -- Unit Reskrim Polsek Biringkanaya berhasil mengamankan tiga orang pemuda pelaku pencurian daging ayam beku di Kota Makassar. Ketiga pelaku itu masing-masing berinisial JS, AT, ABD.

Kanit Reskrim Polsek Biringkanaya, Iptu Sangkala mengatakan, para pelaku melakukan aksinya sejak April hingga 31 Juli 2023 dan berhasil mengambil ayam beku milik korban kurang lebih 3 ton.

"Kejadiannya berlangsung secara berkelanjutan, mulai dari April sampai dengan 31 Juli 2023. Jadi pelaku ini melakukan (pencurian) berulang-ulang," kata Sangkala saat diwawancara, Jumat (4/8/2023).

Sangkala mengungkapkan, dari keseluruhan ayam yang dicuri ketiga pelaku, korban mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Namun terakait berapa ekor ayam beku yang dicuri para pelaku tak dijelaskan.

"Barang yang dicuri adalah ayam beku dengan berat kurang lebih tiga ton dengan kerugian sekitar Rp100 juta," terangnya.

Pelaku pun disebut leluasa mencuri ayam karena salah satu di antara para pelaku pernah bekerja di perusahaan ayam itu.

"Dari 3 pelaku yang diamankan, salah satu pelaku itu pernah bekerja di perusahaan tersebut atau di gudang tersebut," tutur Sangkala.

Olehnya itu, mereka dengan cepat bisa mempelajari seluk beluk tempat penyimpanan dan tempat dimana dia harus masuk untuk mencuri dengan mudah.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian yang dilakukan secara bersama-sama dan masuk di suatu tempat tertutup pada malam hari.

"Ancaman hukuman kurang lebih 9 tahun penjara," bebernya.

Saat ini, ketiga pelaku tersebut telah mendekam di Mapolsek Biringkanaya untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (Isak/B)

  • Bagikan