Antisipasi Serangan Hacker di Pemilu 2024, Bawaslu Siapkan Tim Cyber Khusus

  • Bagikan
Saiful Jihad

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) saat ini segera membentuk tim khusus untuk mewaspadai adanya hacker jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Dimana salah satu situs Bawaslu Kota Makassar telah dihack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan menjadikan situs Bawaslu tersebut menjadi situs judi online.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad mengatakan jika ini bukan hanya perhatian Bawaslu di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota namun kata dia ini perhatian khusus Bawaslu RI.

"Jadi RI sekarang membentuk tim tindak cepat, jika ada web di hack bisa cepat dipulihkan," kata Saiful Jihad.

Dirinya juga menyebutkan tim tindak cepat saat ini sudah ada di Bawaslu RI yang nantinya juga akan turun ke tingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota.

"Tingkat RI baru-baru dilatih, Insya Allah tingkat Provinsi juga segera dilatih agar bisa tanggap cepat jika ada situs di hack," bebernya.

Tak kalah penting kata dia yakni password selalu update agar orang-orang yang ingin melakukan Hacker sulit untuk meretas itu dan tidak sembarang klik jika ada situs yang tidak jelas melintas di web Bawaslu.

"Seword kan ada di Jakarta. Jadi kami juga meminta teman-teman kalau ada link-link yang masuk jangan langsung diklik jangan sampai melalui itu web bisa di hack," jelasnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan

Exit mobile version