Meriahkan HUT ke-78 RI, Lapas Narkotika Sungguminasa Gelar Lomba Kultum dan Adzan 

  • Bagikan
Peserta lomba adzan di Lapas Narkotika kelas IIA Sungguminasa

GOWA, RAKYATSULSEL - Lapas Narkotika kelas IIA Sungguminasa menggelar lomba kultum dan adzan dalam memeriahkan HUT ke-78 RI, Kamis (17/8).

Sebanyak 50 warga Lapastika meriahkan HUT ke-78 RI, yang dirangkaikan juga dengan Hari Kementerian Hukum dan HAM, di Masjid Al-Ihsan Lapas Narkotika, Kabupaten Gowa. 

Lomba Adzan dan Kultum ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 15-16 Agustus 2023 dari babak penyisihan yang diikuti oleh 20 orang peserta lomba Kultum dan 30 orang peserta lomba adzan yang berasal dari perwakilan tiap-tiap kamar. 

Hingga babak final yang menyisahkan 5 orang dari tiap cabang lomba. Adapun Juri Lomba ini merupakan perwakilan Remaja Masjid dan Petugas Lapas.

Kegiatan perlombaan diawasi secara langsung oleh Kasubsi, Bimaswat, Awaluddin, beserta Koordinator Lomba Adzan dan Kultum, Novriansyah Fajar Berkah (Staf Bimaswat), dan panitia dari Remaja Masjid dan 4 orang Mahasiswa PPL dari UIN Alauddin Makassar.

Nasehat demi nasehat agama dengan judul yang berbeda-beda disampaikan oleh masing-masing peserta membawakan kultum dengan percaya diri,  lantunan adzan yang  begitu indah dilantukan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan yang mengikuti perlombaan kultum dan adzan ini.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa, Andi Mohammad Syari mengatakan kegiatan perlombaan di bidang keagamaan ini merupakan salah satu dari 12 cabang Lomba dalam kegiatan Pekan Olahraga dan Seni yang diselenggarakan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI dan Hari Kemenkumham ke-78.  

 Andi Mohammad Syari mengapresiasi kegiatan lomba kultum dan adzan ini serta berharap kegiatan tersebut memberi manfaat warga Binaan. 

"Harapannya kegiatan ini memberi manfaat kepada Warga Binaan untuk melatih percaya diri untuk tampil didepan umum, menambah ilmu dan keterampilan WBP sehingga ketika bebas dapat menjadi penceramah dan muadzin yang bermanfaat bagi masyarakat luas," kata Kalapas. (Adk)

  • Bagikan