PPLN dan Panwaslu Osaka Gelar Sosialisasi Pemilu untuk WNI di Jepang

  • Bagikan
Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Osaka bersama dengan Tim Panwaslu Osaka menggelar Sosialisasi Pemilu Tahun 2024 di Fukushima Kumin Center, Selasa (19/08/2023)

Dalam kegiatan Sosialisasi Pemilu Tahun 2024 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada WNI yang hadir dalam kegiatan ini, yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat seperti dari pelajar, pekerja, pemagang, perawat dan juga masyarakat umum, yang diharapkan mereka bisa membantu menginformasikan kepada teman sejawat mereka mengenai Pemilu 2024 karena Pemilu di luar negeri tidak akan bisa berjalan baik tanpa peran aktif masyarakat bersama penyelenggara pemilu, dalam hal ini PPLN Osaka sebagai badan adhoc KPU di wilayah kerja KJRI Osaka.

Selain itu, PPLN Osaka juga melakukan sosialisasi terkait pendataaan calon pemilih yang ingin pindah memilih (DPTbLN), baik yang masuk ke PPLN Osaka maupun yang harus kembali ke Indonesia karena kegiatan di Jepang sudah selesai.

Dalam kesempatan ini, ada beberapa capil pindahan yang secara langsung bisa kami layani karena mereka sudah siap dengan dokumen-dokumen pindah memiih sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Sementara itu, Panwaslu Osaka sebagai pengawas penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di wilayah KJRI Osaka memberikan penjelasan mengenai fungsi pengawasan kegiatan pemilu, untuk memastikan kegiatan Pemilu di wilayah kerja KJRI Osaka dapat dijalankan dengan baik dan lancar, jujur dan adil bagi seluruh WNI di wilayah kerja KJRI Osaka.

Pada prinsipnya sosialisasi yang dilakukan berjalan lancar dan dinamis dalam sesi dialog interaktif tersebut di atas.(*)

  • Bagikan