Antisipasi Penumpukan Logistik Pemilu, Pj Gubernur Sulsel Imbau Kepala daerah Siapkan Gudang

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Sulawesi selatan menggelar Rapat Koorndinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda ) dalam menyukseskan Penyelenggaraan Pemilu 2024 yag Luber Jurdil Lancar, Aman dan Damai di Era Baru Sulsel Menuju Indonesia Maju, Forum itu dihadiri para pejabat Fokopimda dan dan Jajaran Kepala Daerah se-Sulsel di Hotel Claro, Rabu (11/10/2023).

PJ Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyampaikan, sehubungan dengan pemilu serentak yang akan terlaksana 2024 mendatang, hal yang juga  perlu dicermati mengingat tak sedikit perangkat dan alat penyelenggaraan pemilu yang harus didistribusi ke sudut-sudut wilayah di tanah air, termasuk Sulsel.

Ia menuturkan, untuk mencipatakan kondusifitas distribusi itu memerlukan antispasi menumpuknya logistik pemilu dan harus dilakukan distribusi yang baik, yanng tentu tak boleh dipandang enteng. Bahkan kata dia, sedini mungkin harus dilakukan perhitungan.

Ia mengemukakan, daerah pemilihan yang ada di sulsel sendiri tak sepenuhnya dapat dikases dengan kendaraan konvensional dan cukup memiliki beberapa tantangan untuk dalam hal penyaluran logistik pemilu di sulsel. 

“Kita harus matangkan bagaimana menggerakkan logistik dari kecamatan ke TPS dan kembali lagi ke Kecamatan, harus dihitung, seperti daerah pegunungan yang sulit untuk di akses kendaraan umum, ini harus dihitung (perhitungan pengamanan logistik pemilu,red)  secara ril dan teman- forkopimda  penyelenggara pemilu dan bahkan mungkin forkompimcam  desa dan  kelurahan se sulsel,” sebut Bahtiar baharuddin.

Ia juga menyampaikan, sekiranya setiap stakeholder terkait untuk memperhatikan penumpukan logistik pemilu di satu tempat saja, harus sesegara mungkin dapat menyentuh seluruh wilayah setelah dilakukan penghitungan jumlah logistik yang untuk masing-masing wilayah.

“Kenapa harus di geser ke kabupaten (keseluruh wilayah, red) setelah perhitungan, karena ada tahapan pilkada (tahapan pemilu lainnya,red)  yang juga akan ada logistik di kirim kecamatan,” paparnya.

Bahtiar melanjutkan, hal yang paling paling pertama perlu disiapkan adalah bagaimana penyimpanan logistik pemilu di masing-masing wilayah yang ada di Sulsel. Berlandaskan alasan itu, Bahtiar pun menyampaikan kepada masing-masing kepala daerah untuk menyiapkan gudang logistik pemilu nantinya.

“Siapkan gudang di kabupaten, izinkan pak bupati” papar Bahtiar. (Abu/B)

  • Bagikan