Waspada Asam Lambung Kambuh dan Hal yang Harus Dihindari 

  • Bagikan
ilustrasi

JAKARTA, RAKYATSULSEL -- Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Gastroenterologi - Hepatologi) di Rumah Sakit Eka Hospital BSD, dr.Indra Marki, SpPD KGEH, memberikan penjelasan komprehensif mengenai masalah asam lambung dan tanda-tanda bahaya yang harus diwaspadai

Dia menguraikan berbagai masalah yang berkaitan dengan asam lambung. Ia menjelaskan bahwa makanan seperti makanan pedas, kopi, teh, coklat, dan minuman beralkohol dapat memicu peningkatan produksi asam lambung, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman bagi pasien.

Namun, ia juga menyoroti peran merokok dalam masalah asam lambung, bahkan bagi mereka yang tidak merokok. Terpapar asap rokok dalam lingkungan sekitar dapat meningkatkan risiko terkena masalah asam lambung, sebagai salah satu dampak kesehatan yang kurang dikenal oleh banyak orang.

"Saya bilang asap rokok, Kenapa? Orang yang tidak merokok tapi kalau di lingkungannya merokok kena asap juga bisa menyebabkan asam lambung juga meningkat," bebernya dikutip dari YouTube Eka Hospital, Sabtu (21/10/2023).

Menurut dia, perdarahan adalah salah satu tanda utama yang harus segera diperhatikan, seperti muntah darah atau BAB berdarah.

Gejala lainnya mencakup muntah berulang, kesulitan makan, kulit pucat, dan penurunan berat badan yang signifikan dalam waktu singkat.

Penurunan berat badan yang tidak terkendali dapat menjadi indikasi serius bahwa perlu segera mencari bantuan medis.

  • Bagikan