Logo HUT Gambarkan Makassar Sebagai Kota Digital

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Makassar ke-416 tahun akan berlangsung pada tanggal 2 November 2023, hari ini.

Peringatan HUT Kota Makassar tahun ini dilaksanakan lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya yakni 9 November 2023.

Puncak acara ini akan digelar Tugu MNEK Kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Jalan Tanjung Bunga, Makassar. Dengan mengusung tema "The Next Gen for All" yang memiliki arti "generasi untuk semuanya".

Adapun logo HUT Kota Makassar ke-416 tahun ini berbentuk sirkuit digital yang menyerupai microchip. Bentuk tersebut memiliki makna bahwa Kota Makassar telah menjadi kota digital.

Selain itu, makna lain dari logo tersebut adalah menggambarkan milenial sesuai dengan tema HUT yang diusung tahun ini, termasuk pemilihan font penulisan modern.

"Jadi namanya dia yang tren sekarang itu huruf-huruf begitu. Jadi itu modernisasi, milenial dan Gen Z," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Sedangkan untuk penggunaan warna merah pada logo HUT Kota Makassar ke-416 tahun ini, kata Danny Pomanto, sapaan akrabnya, karena identik dengan Kota Makassar. Contohnya, kata dia, orang-orang sering menyebutkan kata "eja tompi na doang" artinya merah adalah udang.

"Merah kan kita punya warna Makassar. Makassar itu eja tompi na doang, kan eja itu artinya merah. Jadi merah, bukan warga partai," terang Danny.

Pada puncak peringatan HUT Kota Makassar ke-416 tahun akan menampilkan karnaval budaya yang menyerupai pertunjukan seni Festival Awa Odori di Jepang.

Dengan melibatkan ribuan remaja atau pemuda-pemudi yang akan tampil menggunakan pakaian adat. Masing-masing kelurahan akan menghadirkan 50 pemuda yang cakap budaya.

"Jadi nanti masing-masing penari akan buat satu gerakan atau tarian yang berulang sepanjang rute karnaval," kata Danny. (Shasa/B)

  • Bagikan