BMBK Sulsel Genjot Pengerjaan Jembatan Sungai Walemping

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL. CO - Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) tancap gas untuk menyelesaikan pengerjaan Jembatan Sungai Walemping di Kabupaten Soppeng.

Kepala Bidang Jembatan Dinas BMBK Sulsel Rosyadi mengatakan, jembatan tersebut saat ini sudah berprogres hingga 91,8 persen.

Kata dia, nilai kontrak jembatan itu sebesar Rp14 miliar dan ditarget rampung akhir 2023 ini. Ia menyampaikan, meski di tengah tantangan masuknya musim hujan, pengerjaannya tetap bisa dituntaskan dengan mengoptimalkan waktu yang tersisa. "Sudah bagian Oprid dan pasangan batu talud pengamannya," bebernya, Selasa, (28/11/2023).

Ia menuturkan, pengerjaan jembatan tersebut merupakan pembangunan jembatan baru pada ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Barru dan Kabupaten Soppeng. Yakni pada ruas Takkalassi - Bainange - Lawo yang juga dikerjakan tahun ini.

"Untuk mendukung pembangunan jalan ruas Takkalasi - Bainange - Lawo yang menghubungkan Kabupaten Barru dan Soppeng, dan akan mempersingkat jarak dan waktu tempuh," ungkapnya.

Kepala Dinas BMBK Sulsel Astina Abbas mengungkapkan, pembangunan jembatan tersebut memiliki urgensi sebab menjadi pendukung rintisan ruas jalan Takkalassi - Bainange - Lawo.

Untuk ruas jalan tersebut, kata ia, sudah memasuki tahap akhir pengerjaan. Jalanan beraspal tersebut dilengkapi bahu beton dan drainase.

"Jika biasanya melalui Bulu Dua menempuh jarak 70 km, namun melalui ruas jalan ini hanya menempuh jarak 38 km. Artinya bisa mempersingkat perjalanan sekitar 30 km," pungkasnya. (Abu/B)

  • Bagikan