Sebelum Sertijab, Karutan Makassar Lakukan Pengecekan Fisik Rutan

  • Bagikan
Saat pengecekan rutan digelar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Satu hari menjelang acara serah terima jabatan (Sertijab), Kepala Rutan Kelas I Makassar Jayadi Kusumah yang mendapat promosi jabatan sebagai Karutan Makassar menggantikan Moch Muhidin melakukan pengecekan fisik Rutan Kelas I Makassar.

Didampingi oleh jajaran Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel serta Pejabat Struktural dan staf pegawai Rutan Makassar, Jayadi Kusumah berkeliling di seluruh Blok Hunian Rutan Kelas I Makassar, Selasa (28/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Jayadi Kusumah secara langsung menyaksikan perhitungan jumlah penghuni yang dilakukan oleh Kepala Regu Pengamanan III beserta para pegawai yang sedang bertugas. Ia juga menyempatkan diri untuk menyapa para warga binaan di setiap kamar yang dilaluinya.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Andi Erdiyangsah Bahar mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan sebelum melaksanakan serah terima jabatan Kepala Rutan Kelas I Makassar.

"Salah satu prosedur menjelang sertijab, tujuannya untuk melihat situasi dan kondisi yang ada di Rutan Makassar saat ini, seperti mengecek jumlah penghuni (warga binaan), mengecek kondisi bangunan, dan lain-lain," ungkapnya.

Dalam kegiatan pengecekan tersebut, kondisi Rutan Makassar disebut dalam kondisi yang aman dan kondusif dengan jumlah penghuni atau warga binaan lengkap, yaitu 1.999 orang.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Angga Satrya yang juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa acara serah terima jabatan Kepala Rutan Kelas I Makassar dari Moch. Muhidin kepada Jayadi Kusumah akan digelar besok, Rabu (29/11/2023). "Untuk kegiatan serah terima jabatan digelar besok, Rabu," ungkapnya. (Isak/B)

  • Bagikan