UNITAMA Wisuda 189 Sarjana, Siap Masuki Dunia Kerja Dibekali Skill 5C

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) menggelar Wisuda Program Sarjana Ke-25 Tahun Akademik 2023/2024 yang berlangsung di Hotel Claro Makassar, Rabu (13/12).

UNITAMA mengukuhkan sebanyak 189 wisudawan dan wisudawati terdiri dari 120 lulusan Teknik Informatikan dan 69 lulusan dari profesi.

Rektor Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA), Dr H Askar Taliang mengungkapkan para wisudawan ini telah dibekali keterampilan dasar (Basic Skill) yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Ia menyebut keterampilan dasar yang diberikan yaitu 5C atau competence (kompetensi), communication (komunikasi), connection (koneksi), collaboration (kolaborasi) and creative thinking (berfikir kreatif).

Maka dari itu, Dr H Askar Taliang berpesan kepada swluruh wisudawan yang telah dikukuhkan untuk terus memperbaharui (mengupdate) kemampuan mereka agar kedepannya dapat bersaing di dunia usaha.

"Tetap harus update skill (keahliannya). Itu yang kami tuntut ke alumni-alumni kami agar kedepannya bisa bersaing dalam dunia kerja," terang Dr H Askar Taling, saat ditemui di Hotel Claro Makassar.

Pada kesempatan yang sama, UNITAMA juga menjalin kerjasama melalui penandatanganan MoU kemitraan dengan berbagai lembaga, termasuk LSP Teknologi Informatika dengan harapan wisudawan dapat lebih mudah diterima di dunia kerja.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Kartini Ujung Pandang, Muhammad Akil mengatakan pada salah satu penandatanganan MoU terdapat mahasiswa yang baru semester 5 sudah dapat bekerja di perusahaan.

Bahkan, tak hanya mahasiswa, Akil mengaku para dosen pun dapat melakukan internship yang selaras dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Perguruan Tinggi.

"Jadi dosen kedepan tidak usah ragu cuti selama berapa saat tidak usah takut dan risau, terkait masalah karya ilmiahnya nanti. Karena dia akan mendapat internship dari pemerintah," jelas Akil.

Akil menambah pihak yayasan juga berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan kedepannya. Serta berharap UNITAMA dapat terus eksis sebagai universitas teknologi di Kota Makassar.

"Semoga kedepan universitas Akba Makassar semakin eksis dan kami dari yayasan sudah berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan kedepannya, terkait dunia pengembangan pendidikan itu akan mensupport," harap Akil. (Shasa/B)

  • Bagikan

Exit mobile version