Pj Gubernur Sulsel Pastikan Kesiapan Pemilu di Sidrap

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin melakukan Pemantauan persiapan pemilu di gudang logistik pemilu 2024 di Sidrap bersama PK Sekprov Andi Muhammaf Arsjad dan Forkopimda Sidrap, Kamis (11/1/2024). Foto: ABU HAMZAH/RAKYATSULSEL/A

SIDRAP, RAKYATSULSEL - Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin aktif melakukan pemantauan persiapan Pemilu di Sulsel, salah satunya pemantauan distribusi surat suara di Kabupaten Sidrap, Kamis (11/1/2024).

Kata dia, meski saat ini untuk surat suara di Sidrap belum sepenuhnya lengkap diterima oleh KPU, Bahtiar menilai gudang dan persiapan yang dilakukan KPU Sidrap terbilang baik.

“Kami melakukan pemantauan ini kita mengecek gudang logistik KPU di Kabupaten Sidrap, dari hasil pemantauan kita, saya pikir ini gudang yang terbaik,” tutur Bahtiar kepada awak media, Kamis (11/1/2024).

Ia melanjutkan, acapkali surat suara memang kadang tak sempurna yang tentu harus disortir dan itu sudah dilakukan oleh masing-masing TPS.

“KPU kan sudah memiliki mekanismenya nanti akan dilakukan penggantian dicatatkan, namanya mesin kan, hasil produksinya kan kadang ada yang kurang terang. Tapi catatannya di sini tidak banyak, dipastikan semua ini pergantiannya akan dipenuhi sebelum hari puncak pemilu,” jelasnya.

Ia mengutarakan, penggantian surat suara untuk semua jenis pemilihan mesti terjamin tuntas dan siap. “Tapi dari kesiapan personil, insya Allah datang hari ini dan langsung melakukan sortir lipat dan rapi sekali. Ini pakai gudang Bulog dan ini memenuhi standar kriteria sebagai sebuah gudang yang baik,” beber Bahtiar.

Sementara itu, Ketua KPU Sidrap Saharuddin menyampaikan saat ini pihaknya telah menerima surat suara untuk pemilihan presiden dan DPD. “Jadi surat suara yang sudah masuk di kami 236.333 untuk pemilihan presiden dan DPD,” ujarnya.

Kata dia, untuk surat suara DPRD Provinsi dan Kabupaten dan Kota sedang dalam proses pengiriman dan akan segera diterima oleh pihaknya. “Untuk surat suara itu dua persen dari jumlah pemilih di wilayah kami, (sebagai antisipasi kerusakan surat suara) pemilih kami 231.252,” bebernya. (Abu/B)

  • Bagikan